Pencarian Wisatawan Hilang di Pantai Parangtritis Diperluas

Usman Hadi - detikNews
Jumat, 06 Jul 2018 10:24 WIB
Pencarian wisatawan yang hilang di Pantai Parangtritis, Bantul. Foto: Dok Basarnas DIY
Bantul - Pencarian Bali (13), wisatawan asal Banjarnegara, Jawa Tengah, yang hilang terseret ombak di Pantai Parangtritis diperluas. Kini Search And Rescue Unit (SRU) melakukan pencarian hingga Pantai Glagah dan Pantai Congot Kulon Progo.

"Memasuki hari ke-6 area pencarian diperluas hingga pantai Glagah dan Pantai Congot," kata Dantim Basarnas Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Dwi Affandi lewat keterangan tertulisnya yang diterima detikcom, Jumat (6/7/2018).

Dwi menjelaskan, SRU yang terdiri dari unsur SAR Linmas, Polair Polda DIY, dan Basarnas DIY tersebut dibagi menjadi dua tim. SRU 1 bertugas menyisir Pantai Samas hingga Pantai Gua Cemara. Sementara SRU 2 menyisir Pantai Gua Cemara ke barat.

"Untuk pencarian hari ke-6 Tim SAR Gabungan membagi 2 SRU yang akan melakukan penyisiran hingga Pantai Congot. Untuk Perahu Jukung milik nelayan dan milik SAR Linmas tidak diturunkan karena ombak mengalami kenaikan hingga empat meter," jelasnya.


Dalam operasi kali ini tim SAR Gabungan akan menyisir menggunakan satu unit amphibius dan satu unit beach patrol milik Basarnas DIY. Sementara elemen SAR lainnya akan berjalan kaki di sepanjang Pantai hingga Pantai Congot.


"Semoga pencarian Hari ke-6 ini korban dapat ditemukan oleh tim SAR gabungan," harapnya.

Sebagaimana diketahui, dua wisatawan asal Banjarnegara, yakni Bali (13) dan Mansur (25) hilang terseret ombak di Pantai Parangtritis, Minggu (1/7) sore. Jasad Mansur berhasil ditemukan pada Senin (2/7), sementara Bali masih dalam pencarian. (sip/sip)