detikNews
Kamis 05 Juli 2018, 13:01 WIB

Meriah! Rapat Pleno KPU Surakarta Diwarnai Atribut Asian Games

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Meriah! Rapat Pleno KPU Surakarta Diwarnai Atribut Asian Games Suasana rapat Pleno KPU Surakarta. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo - KPU Surakarta menggelar rapat pleno rekapitulasi perolehan suara Pilgub Jateng di tingkat kota dengan tema Asian Games. Seperti apa suasananya?

Tampak seluruh komisioner KPU, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan petugas lainnya mengenakan kaus bertuliskan Asian Games 2018. Beberapa dari mereka mengenakan topi atribut Asian Games dan mencoreti pipi mereka dengan warna merah putih.

"Tentu aspek administrasi dan integritas tetap kita jaga, ini hanya kemasan. Meskipun ranahnya politik, kita mengedukasi ini menjadi event politik entertainment," kata Ketua KPU Surakarta, Agus Sulistyo, Kamis (5/7/2018).

Pemilihan Asian Games sebagai tema dalam rapat pleno ialah untuk menyosialisasikan perhelatan olahraga Asia itu. Seperti diketahui, Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games pada pada Agustus nanti.

"Kita pikir di mana-mana Piala Dunia, kita ingin menyosialisasikan Asian Games, agar lebih nasionalis," katanya.

Suasana rapat Pleno KPU Surakarta.Suasana rapat Pleno KPU Surakarta. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom

Tak hanya rapat pleno, KPU Surakarta juga memberikan penghargaan kepada para penyelenggara Pilkada, mulai dari tingkat TPS hingga PPK. Antara lain, kepada TPS terunik dan PPK dengan penyelenggaraan terbaik.

Pemberian hadiah juga sebagai wujud syukur dari capaian KPU Surakarta pada Pilgub kali ini. Tingkat partisipasi Pilgub kali ini mencapai target nasional, yakni 77 persen.

"Pilgub sebelumnya kita hanya 60 persen, sekarang 77 persen. Kita beri hadiah bagi TPS yang bisa mencapai partisipasi 80 persen. Ada 336 TPS dari 1.016 TPS yang sudah tercapai," tutupnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com