detikNews
Kamis 28 Juni 2018, 14:50 WIB

Pilgub Jateng 2018

Ganjar Kalah di Purbalingga, PDIP: Terpengaruh OTT Bupati

Arbi Anugrah - detikNews
Ganjar Kalah di Purbalingga, PDIP: Terpengaruh OTT Bupati Foto: kpu purbalingga
Purbalingga - Pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin kalah di Kabupaten Purbalingga dengan pasangan Sudirman-Ida di Pilgub Jateng. Padahal Purbalingga adalah daerah asal istrinya, Siti Atikoh Supriyanti, bahkan pasangan tersebut pernah tinggal di daerah tersebut. PDIP menilai, kasus OTT Bupati Purbalingga turut mempengaruhi perolehan suara dalam Pilkada.

Dalam perhitungan real count yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purbalingga yang sudah mencapai 100 persen, pasangan Ganjar -Yasin memperoleh 241.963 suara dan pasangan Sudirman-Ida memperoleh 242.361 suara. Suara itu dari 1.655 TPS di Kabupaten Purbalingga.

Sekretaris DPC PDIP Purbalingga, Bambang Irawan, mengatakan ada sejumlah faktor yang mempengaruhi perolehan suara pelaksanaan Pilgub. Ditangkapkannya Bupati Purbalingga yang juga Ketua DPC PDIP Purbalingga, Tasdi, diakuinya juga menjadi faktor penting yang mempengaruhi perolehan suara.

"Kalau bercerita tentang masalah pilkada, tentunya hal kecil saja bisa menjadi besar. Apalagi yang sama-sama kita ketahui bersama, itu menjadi hal yang salah satu di antaranya yang cukup mempengaruhi," jelasnya.


Selain itu hal yang memengaruhi lainnya adalah pengaruh media dan medsos. Meskipun tidak semua, namun banyak juga yang terpengaruh oleh persepsi yang disebarkan oleh berbagai media.

"Media sekarang lebih mudah terakses, mungkin banyak informasi yang akhirnya dipersepsikan masing-masing. Mungkin ada yang informasi positif ditangkap positif, informasi kurang baik ditangkap kurang baik. Hoax banyak keluar juga," ujarnya.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com