Pilgub Jateng 2018

Sudirman Said-Ida Fauziyah Minta Tim Kumpulkan Data Pelanggaran

Wikha Setiawan - detikNews
Rabu, 27 Jun 2018 22:07 WIB
Sudirman Said-Ifa Fauziyah menggelar jumpa pers di Semarang. Foto: Wikha Setiawan/detikcom
Semarang - Calon Gubernur Jawa Tengah, Sudirman Said menyebutkan ada indikasi pelanggaran dalam Pilgub Jateng 2018. Untuk itu, tim pemenangan dan relawan diminta untuk mengumpulkan data valid adanya indikasi pelanggaran tersebut.

"Ada pelanggaran sana-sini dalam dokumentasi kita. Jadi, kita memberi dukungan kepada tim dan relawan di lapangan untuk bekerja keras menyiapkan sebaik mungkin dokumentasi seluruh bukti," ujar Sudirman Said dalam jumpa pers di Hotel Grasia, Semarang, Rabu (27/6/2018).

Menurutnya, hasil quick count sejumlah lembaga survei belum bisa menjadi acuan. Sebab, penghitungan hasil suara akhir melalui beberapa tahap diantaranya TPS, kecamatan, kabupaten/kota baru KPU Provinsi.

Tonton juga 'Euforia Pendukung Ganjar-Taj Yasin atas Kemenangan di Quick Count':

[Gambas:Video 20detik]


"Kami masih menghormati seluruh proses hingga tuntas. Kita bersama tim dan Ibu Ida masih akan menunggu keputusan resmi dari KPU Jateng," papar mantan Menteri ESDM itu.

Sebanyak 1.000 tim advokasi yang mendukungnya, kata Sudirman, juga masih ikut mengawal proses penghitungan suara sampai penetapan oleh KPU.


"Saya memberi garis bawah, bahwa partisipasi relawan sangat lebih. Partai bekerja keras, sehingga kami yang tidak punya uang ini banyak dibantu relawan. Skor berapa pun itu adalah soal kerja keras relawan. Kami akan menjadikan ini pembelajaran penting bagi proses demokrasi kedepan," tegas Sudirman.
Sudirman Said-Ida Fauziyah Minta Tim Kumpulkan Data Pelanggaran
(sip/sip)