DetikNews
Senin 25 Juni 2018, 18:36 WIB

123 Ribu Linmas Bantu Polisi dan TNI Amankan Pilkada di Jateng

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
123 Ribu Linmas Bantu Polisi dan TNI Amankan Pilkada di Jateng Apel pasukan pengamanan Pilkada di Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang. Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang - Pengamanan Pilkada serentak di Jawa Tengah tidak hanya dilakukan oleh Polisi dan TNI. Ada 123 ribu anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) yang akan bergabung di TPS.

Sore hingga petang ini dilakukan apel pasukan di Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang. Ada 1.142 anggota Polda Jateng yang diapelkan dan akan dikirim sore ini untuk membantu Polres di Jawa Tengah dalam melakukan pengamanan Pilkada.

"Besok sampai tanggal 28 akan ada patroli skala besar agar tidak ada yang mengganggu jalannya Pilkada," kata Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono di Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang, Senin (25/6/2018).

Dalam apel tersebut, Kapolda didampingi Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Wuryanto, Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Abiyoso Seno Aji, dan Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu. Peserta apel tidak hanya polisi, ada juga TNI hingga Linmas.

"Ada 123 ribu Linmas se-Jawa Tengah. Di sini (Kota Semarang) ada 5 ribu lebih, ya," tandas Condro.

Dalam pola pengamanan Pilkada di Jateng, untuk tipe TPS aman, perbandingannya yaitu 2 Polri : 18 Linmas untuk 9 TPS. Kemudian TPS Rawan I polanya 2 Polri : 8 Linmas untuk 4 TPS, sedangkan TPS Rawan II polanya 2 Polri : 4 Linmas untuk 2 TPS.

Untuk diketahui Pilkada serentak di Jawa Tengah akan digelar di 6 Bupati dan 1 Wali Kota serta 1 Pemilihan Gubernur. Dalam pengamanan kali ini, total ada 21.278 personel polisi dan 9.713 personel TNI yang akan mengamankan Pilkada.
(alg/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed