DetikNews
Sabtu 23 Juni 2018, 19:54 WIB

Jip Merapi Setop Operasi, Ekonomi Warga Ikut Terdampak

Ristu hanafi - detikNews
Jip Merapi Setop Operasi, Ekonomi Warga Ikut Terdampak Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Sleman - Asosiasi Jeep Wisata Lereng Merapi (AJWLM) yang melayani jasa wisata lava tour Gunung Merapi menyetop operasional selama 3 hari, mulai Sabtu (23/6)- Senin (25/3). Hal itu setelah Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X memita komunitas jip tutup untuk evaluasi buntut kecelakaan yang menewaskan satu wisatawan. Kondisi tersebut ternyata juga berdampak terhadap warga sekitar pool jip lava tour.

"Otomatis terdampak, meski Kinahrejo, Kaliadem, objek wisatanya tetap buka tapi kan wisata banyak saat ini yang jip, wisatawan jadi sepi. Padahal warga seperti di Kinahrejo ini membuka warung di sekitar pool dan pembelinya kebanyakan dari pengunjung jip. Tapi karena jip tutup, ya hari ini warung-warung ikut tutup," kata Ketua Paguyuban Masyarakat Kinahrejo Cangkringan, Bardiman (47) saat ditemui di Huntap Karang Kendal Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Sabtu (23/6/2018).

Diungkapkannya, masyarakat kawasan lereng Merapi ekonominya bergantung dari wisata, terutama pasca Merapi erupsi tahun 2010. Ada sekitar 800 warga yang melayani jasa jip wisata lava tour, dan membuka warung, tukang foto, hingga penyewaan motor trail dan ojek.

Meski demikian, Bardiman sepakat jika ada upaya penertiban jip wisata lava tour agar jip yang beroperasional benar-benar memenuhi aspek keamanan dan keselamatan.

"Syarat layak jalan ya harus diutamakan demi keselamatan wisatawan. Tapi kalau bisa jangan digebyah uyah jip yang kondisinya baik kan juga kena dampaknya ini, dampak ekonomi ke warga sekitar juga. Ini kan ulah oknum yang tidak bertanggung jawab tapi semuanya kena," ujarnya.

Dia berharap komunitas jip secepatnya berbenah diri dan bisa kembali beroperasional.

"Karena mengalihkan pekerjaan itu tidak mudah. Dulu pas bencana erupsi mau apa bingung, lalu ada trail, jip, mulai ada kehidupan baru, ekonomi warga mulai bergerak lagi," imbuhnya.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed