DetikNews
Sabtu 23 Juni 2018, 14:54 WIB

Meriahnya Tradisi Larung Sesaji Sedekah Laut di Rembang

Arif Syaefudin - detikNews
Meriahnya Tradisi Larung Sesaji Sedekah Laut di Rembang Foto: Arif Syaefudin/detikcom
rembang - Sepekan usai perayaan Idul Fitri, kelompok nelayan di sejumlah Dusun di Kabupaten Rembang, menggelar sedekah laut dengan cara melarung sesaji di perairan laut utara Rembang. Perayaan sedekah laut yang digelar hari ini berlangsung meriah.

Dalam kirab, masyarakat menampilkan kreasi kebudayaan seperti reog, ogoh-ogoh, marching band, dan karnaval mobil. Masyarakat yang menonton pun bukan hanya dari wilayah Rembang saja, melainkan dari beberapa Kabupaten tetangga seperti Pati, dan Blora turut menyaksikan perayaan tahunan itu.

Ketua Paguyuban Nelayan Rembang, Suyoto menyebutkan sedekah laut sudah rutin digelar tiap tahunnya. Tujuannya sebagai ungkapan rasa syukur para nelayan kepada dewa laut.

"Ini kirab budaya, jadi tiap RT menampilkan kreasinya masing-masing. Ada dua Dukuh, yakni Dukuh Pabean dan Dukuh Kramatan yang ikut. Dua dukuh ini kan masyarakatnya nelayan. Dananya kita ambil dari iuran para nahkoda dan pemilik kapal, juga masyarakat setempat," papar Suyoto.

Ia mengakui, perayaan sedekah laut kali ini tak semeriah dibanding tahun-tahun sebelumnya. Ia mengakui, penyelenggaraan lebih sederhana, dan khusus ritual larung sesaji hanya dilakukan secara simbolis.

"Kita akui memang tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya. Hanya kirab, nanti malam ada pagelaran musik. Sedangkan larungnya yang biasa komplit ada kepala kerbau dan ubo rampenya, tadi yang dilarung memang hanya miniatur kapal saja yang penting doanya," terangnya.
(bgk/bgk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed