DetikNews
Jumat 22 Juni 2018, 18:25 WIB

Pilgub Jateng 2018

Gaet Pemilih Milenial, Kampanye Sudirman Said Undang Gambus Sabyan

Imam Suripto - detikNews
Gaet Pemilih Milenial, Kampanye Sudirman Said Undang Gambus Sabyan Grup Gambus Sabyan di kampanye Sudirman Said di Brebes. Foto: Imam Suripto/detikcom
Brebes - Tim pemenangan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah nomor urut 2, Sudirman Said-Ida Fauziyah mendatangkan grup musik Gambus Sabyan dalam kampanye. Grup gambus Sabyan ini didatangkan untuk menggaet pemilih milenial yang merupakan pemilih pemula.

Grup musik religi yang banyak digandrungi anak anak muda itu membawakan lagu- lagu andalan seperti Deen Assalam, Ya Asyiqol Mustofa, Ya Habibal Qolbi.

Ribuan penonton yang sebagian besar dari kalangan mineal itu tampak menikmati lagu yang dilantunkan sang vokalis, Khoerunnisa.

Dalam kampanye terbuka di Kompleks GOR Sasana Kridha Adikarsa Brebes, Jawa Tengah ini , Pasangan Sudirman-Ida tidak bisa hadir karena sedang berada di Solo. Ketua DPW PKB Jateng, Yusuf Chudlori atau Gus Yusuf, mengatakan keduanya menghadiri acara mendadak yang tidak bisa diwakilkan.

Anak-anak muda menikmati musik yang dibawakan Grup Gambus Sabyan di kampanye Sudirman Said di Brebes.Anak-anak muda menikmati musik yang dibawakan Grup Gambus Sabyan di kampanye Sudirman Said di Brebes. Foto: Imam Suripto/detikcom

Gus Yusuf menuturkan dengan menghadirkan Sabyan Gambus, pihaknya optimis dapat menggaet pemilih pemula.

"Kami menyadari pemilih pemula atau milenial cukup besar di Jateng. Kami mencoba menyapa mereka agar berpartisipasi aktif dalam politik terutama pada Pilgub Jateng 2018 ini," kata pengasuh pondok pesantren API Tegalrejo Magelang itu, Jumat (22/6/2018).


Menurutnya, pendidikan politik untuk kaum muda ini perlu dilakukan agar mereka bertanggung jawab terhadap nasib daerah atau bangsa.

Grup Gambus Sabyan di kampanye Sudirman Said di Brebes.Grup Gambus Sabyan di kampanye Sudirman Said di Brebes. Foto: Imam Suripto/detikcom

"Ini cara paling efektif untuk memberikan pendidikan politik," ujarnya.


Menurut Gus Yusuf, ada sekitar 30 persen pemilih pemula dari jumlah total warga yang memiliki hak suara di Jateng. Kampanye dengan gambus Sibyan ini, tidak hanya dari calon pemilih dari Brebes, penonton yang hadir pun ada dari Tegal dan Pemalang.

"Rencana sih tadinya cuma mau nonton Sabyan, tapi di sini jadi tahu pemuda seperti kami juga harus mencoblos 27 Juni besok," kata Nur Amalia (18), warga Kecamatan Margadana Kota Tegal.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed