DetikNews
Kamis 21 Juni 2018, 22:27 WIB

Pelaku Aborsi Dibawa ke Rumah Sakit untuk Pembersihan Kandungan

Pertiwi - detikNews
Pelaku Aborsi Dibawa ke Rumah Sakit untuk Pembersihan Kandungan Foto: Pertiwi/detikcom
FOKUS BERITA: Dukun Aborsi di Magelang
Magelang - Tersangka pelaku aborsi, NH (41), warga Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang harus dilarikan ke Rumah Sakit setempat usai diamankan oleh petugas kepolisian. Pasalnya, proses aborsi yang dilakukan dengan bantuan dukun pijat Yamini (71) masih belum sesuai standar kesehatan.

"Hari ini tersangka N kita bantu pengobatan di RSUD Muntilan. Jadi memang ada proses kiret untuk pembersihan aborsi yang belum tuntas dilakukan oleh yang bersangkutan," jelas Kasatreskrim Polres Magelang, AKP Gede Yoga Sanjaya, di Mapolres Magelang, Kamis (21/6/2018).

Menurut Yoga, karena proses aborsi dilakukan dengan pijat tradisional, maka standar kesehatannya pun tidak sesuai seharusnya. Hal itu kemudian menyisakaan masalah kesehatan.

"Sehingga perlu dibersihkan kandungannya. Kemarin sempat kita periksakan ke dokter kandungan dan memang butuh proses pembersihan atau kiret," ungkap Yoga.

Saat ini, lanjut Yoga, proses kiret telah selesai dilaksanakan dan kondisi kesehatan tersangka NH telah membaik dan stabil.

"Proses pembersihan sudah dilaksanakan semua. Hari ini yang bersangkutan sudah sehat dan dikembalikan ke sini (Mapolres Magelang). Dia juga sudah siap diperiksa," terangnya.

Sebelumnya, NH merupakan pasien yang meminta pertolongan jasa aborsi dukun pijat Yamini (70) untuk menggugurkan kandungannya.

"Alasan digugurkan menurut pengakuan tersangka, karena dirinya belum siap untuk memiliki anak," kata Yoga.

Seperti yang diberitakan, NH bersama dengan suami sirinya, M ditangkap oleh jajaran Polres Magelang pada Senin (18/6/2018) malam setelah sebelumnya juga dilakukan penangkapan terhadap Yamini alias Mbah Yam. Ketiganya ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus aborsi dan dijerat pasal 80 ayat 4 serta pasal 80 ayat 3 UU Perlindungan Anak.
(bgs/bgs)
FOKUS BERITA: Dukun Aborsi di Magelang
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed