DetikNews
Kamis 21 Juni 2018, 20:36 WIB

Debat Cagub Jateng

Ganjar Tantang Sudirman Buka Data Tentang 'Penelantaran' Rakyat

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Ganjar Tantang Sudirman Buka Data Tentang Penelantaran Rakyat Sudirman-Ida (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
FOKUS BERITA: Debat Cagub Jateng
Semarang - Paslon nomor urut 2 Sudirman Said-Ida Fauziyah berkesempatan menyampaikan visi misinya dalam debat pamungkas Pilgub Jateng. Dia menyoroti kegagalan Ganjar Pranowo dan bertekad memperbaikinya.

Sudirman juga menyebut bahwa pemerintahan Ganjar telah menelantarkan rakyat. Salah satunya ialah 4,3 juta petani yang yang berpenghasilan minim.

"4,3 juta petani masih dibiarkan bertarung sendirian, 230 nelayan berjuang sendiri memperoleh hak melautnya, 200 ribu lebih guru honorer dibiarkan hidup menderita dengan penghasilan sangat minim," ujar Sudirman dalam Debat Cagub Jateng di Hotel Patra Semarang, Kamis (21/6/2018).

Berkesempatan menanggapi, Ganjar kemudian menyampaikan keberatan jika Sudirman menyebut pemerintah menelantarkan rakyatnya. Ganjar menantang Sudirman menunjukkan data yang valid.

"Saya takut menampilkan data sendiri. Boleh enggak dalam tiga tahun terakhir boleh ditampilkan kenaikan NTP (Nilai Tukar Petani) di Jateng?" kata Ganjar meminta Sudirman menunjukkan data.

Tanpa menunjukkan data yang Ganjar minta, Sudirman menilai NTP hanya salah satu ukuran. Dia meminta Ganjar melihat langsung kondisi petani di lapangan.

"Harusnya dilihat di lapangan. Petani kesulitan membeli pupuk karena kartu tani. Kami akan cabut kartu tani dan menjamin pupuk tersedia di mana-mana," ujar dia.
(mbr/mbr)
FOKUS BERITA: Debat Cagub Jateng
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed