DetikNews
Kamis 21 Juni 2018, 14:44 WIB

Dishub Cek Kelaikan Jip Lava Tour Merapi, Begini Hasilnya

Ristu Hanafi - detikNews
Dishub Cek Kelaikan Jip Lava Tour Merapi, Begini Hasilnya Dishub dan Polres Sleman cek kelaikan jip lava tour Merapi. Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Sleman - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sleman menemukan armada jip wisata lava tour Gunung Merapi yang tidak laik jalan. Jip langsung dikandangkan dan dipasangi police line.

"Kemarin hari pertama pemeriksaan di lapangan, dibagi 2 tim. Tim saya baru jangkau 2 pool terjaring 5 kendaraan dan saat ini dikandangkan di pool masing-masing dengan dipasangi police line," kata Kabid Manajemen Lalu Lintas Dishub Sleman, Sulton Fatoni saat dihubungi wartawan, Kamis (21/6/2018).

Kendaraan yang terjaring tersebut dilarang beroperasi sebelum ada perbaikan kendaraan dan pemeriksaan ulang petugas. Tak hanya itu, sedikitnya 10 jip ditilang saat pemeriksaan di Balai Desa Umbulharjo, Cangkringan karena tidak dilengkapi surat-surat kendaraan.

Sulton menyebutkan operasi akan terus berjalan dengan menyasar 30 pool jip yang melayani jasa wisata lava tour Merapi. Operasi di antaranya untuk menguji teknis kendaraan dan pemeriksaan kelengkapan surat kendaraan serta sopir.


Hari ini, lanjutnya, pimpinan base camp atau pool juga diundang ke Dinas Pariwisata untuk sosialisasi lebih lanjut terkait keselamatan berkendara dan penumpang wisata lava tour Merapi.


"Petugas di lapangan juga mengawasi jika ada jip yang tidak memenuhi standar tetap nekat beroperasi. Driver juga diperiksa kelengkapan SIM oleh polisi, dan Dinas Pariwisata sosialisasi keselamatan dan pelayanan penumpang," imbuhnya.



Tonton juga video 'Kopaja Seruduk Mobil di Jakarta, Sandi: Langsung Digaruk Dishub'

[Gambas:Video 20detik]




(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed