DetikNews
Rabu 20 Juni 2018, 09:05 WIB

Puluhan Wisatawan Tersengat Ubur-ubur di Pantai Selatan DIY

Usman Hadi - detikNews
Puluhan Wisatawan Tersengat Ubur-ubur di Pantai Selatan DIY Wisatawan di Pantai Parangtritis yang tersengat ubur-ubur sedang mendapat pertolongan petugas di lapangan. Foto: Dok SAR Bantul
Bantul - Sebanyak 32 wisatawan tersengat ubur-ubur di sepanjang pantai selatan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Wisatawan diimbau waspada dan mematuhi rambu yang telah dipasang petugas.

"Sepanjang Pantai Bantul ada 32 orang yang kena sengatan ubur-ubur," kata Komandan SAR Kabupaten Bantul, Arief Nugroho lewat pesan singkatnya kepada detikcom, Rabu (20/6/2018).

Perinciannya 28 wisatawan tersengat ubur-ubur di Pantai Parangtritis. Sementara empat wisatawan tersengat di Pantai Baru Pandansimo dan Pantai Samas.

"Wisatawan yang berlibur di sepanjang Pantai Bantul kami imbau tetap waspada, patuhi rambu-rambu yang ada, dan ikuti arahan petugas SAR," ucapnya.

Sengatan ubur-ubur tidak hanya terjadi di sepanjang Pantai Bantul tetapi juga di Pantai Selatan Gunungkidul. Tercatat hingga kemarin sudah ada 27 wisatawan tersengat ubur-ubur.

"Total ada 27 wisatawan tersengat ubur-ubur atau impes di Gunungkidul, yakni di Pantai Sepanjang, Pantai Drini, dan Pantai Krakal," jelas Koordinator SAR Korwil II Gunungkidul, Marjono saat dihubungi wartawan.

Marjono mengatakan, ubur-ubur biasanya muncul di Bulan Juli dan Agustus, namun tahun ini kemunculannya sedikit maju. Meski tidak berbahaya, namun sengatannya bisa menyebabkan gatal dan sesak nafas.

"Korbannya anak hingga dewasa. Ada yang sesak napas karena kami kekurangan tabung oksigen dan langsung dilarikan ke puskesmas terdekat," ungkapnya.

"Semoga besok tidak muncul lagi. Persediaan obat sudah disiapkan dari Puskesmas Tanjungsari dan Klinik Multazam, obat penghilang rasa sakit sudah tercukupi," pungkas Marjono.



Tonton juga video 'Musim Ubur-ubur, Puluhan Wisatawan Tersengat':

[Gambas:Video 20detik]


(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed