DetikNews
Selasa 19 Juni 2018, 03:47 WIB

Urai Kemacetan di Banyumas, Polisi Berlakukan Contraflow

Arbi Anugrah - detikNews
Urai Kemacetan di Banyumas, Polisi Berlakukan Contraflow Foto: Arbi Anugrah/detikcom
Banyumas - Arus balik pemudik menuju arah barat (Jakarta) di wilayah Banyumas saat ini terus meningkat dibanding hari sebelumnya. Akibatnya terjadi kemacetan panjang di sejumlah titik di Banyumas.

Untuk mengatasi hal itu polisi melakukan contraflow. Sebagian besar kendaraan yang melintas di Ajibarang hingga Bumiayu menuju arah Pantura Brebes.

"H+3 ini cukup signifikan terlihat beberapa antrian di dua titik utamanya di Bumiayu-Pekuncen-Ajibarang kemudian di Sumpiuh sampai Kemranjen memang arus yang melewati dari Timur ke Barat cukup deras," kata Kasatlantas Polres Banyumas AKP Finan Sukma Radipta.

Pihaknya tengah berkoordinasi dengan jajaran Polres Brebes dan Polres Tegal sejak sore hingga Senin malam untuk melakukan Contraflow sehingga mengurangi kepadatan yang terjadi di Banyumas.

"Ini sudah 3 kali kita melakukan penarikan contraflow untuk mengurangi kepadatan di ekornya," katanya.

Dia mengatakan, kemacetan terjadi akibat kondisi jalan yang sangat sempit dengan pertemuan beberapa arus sehingga menumpuk ke belakang dan utamanya berada di Pekuncen berbatasan dengan Bumiayu Brebes yang terdapat Waduk Penjalin.

"Disitu ada Waduk Penjalin dan disitu terjadi simpul kemacetan dari dulu," ujarnya.

Dia menjelaskan jika contraflow yang diberlakukan sejak sore dilakukan di dua titik, yakni diantara ruas Sumpiuh-Kemranjen, Contraflow diarahkan ke Barat melalui Purwokerto. Sedangkan arus dari selatan Pekuncen, contraflow diarahkan menuju Brebes.

"Kita pecah untuk mengurangi kepadatan. Sehingga masyarakat tidak mengalami macet yang sampai berhenti total," jelasnya.

Sementara itu secara terpisah Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun yang turun langsung mengatur lalulintas diruas jalur Ajibarang-Pekuncen menuju Brebes.

"Semenjak hari Minggu (17/6) kemarin arus balik sudah mulai padat di wilayah Banyumas. Kami mengatasi saat ini agar kendaraan terurai sehingga jangan sampai masyarakat ini terlalu lama menunggu," jelas Kapolres.

Dia memperkirakan, puncak arus balik akan terjadi pada tanggal 19-20 Juni. Pihaknya juga mengantisipasi dua titik kemacetan di wilayah Banyumas seperti diruas Sumpiuh-Kemranjen dan Ajibarang-Bumiayu.

"Karena tanggal 21 Juni itu sudah mulai aktifitas lagi sehingga diperkirakan tanggal 19-20 menjadi puncaknya arus balik. Makanya kita standby di dua titik yang pertama di Sumpiuh dan Ajibarang," jelasnya.
(arb/bgk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed