DetikNews
Senin 18 Juni 2018, 11:39 WIB

Diduga Korsleting Lab dan Ruang Kelas SMPN 3 Surakarta Terbakar

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Diduga Korsleting Lab dan Ruang Kelas SMPN 3 Surakarta Terbakar Foto: Istimewa/detikcom
Solo - Kebakaran melanda SMPN 3 Surakarta, Senin (18/6/2018) dini hari. Api melalap sebuah laboratorium IPA, ruang kelas dan ruang penjaga di sisi selatan, bagian belakang sekolah.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Surakarta, Gatot Sutanto, mengatakan kebakaran pertama kali diketahui oleh penjaga sekolah, Agus Sukamto. Api pertama terlihat pada pukul 01.00 WIB.

"Pukul 02.00 WIB api sudah padam, tetapi karena banyak bahan kimia, kita pastikan aman dulu. Pukul 02.50 WIB baru kita tinggal," kata Gatot.

Api diduga berasal dari korsleting listrik di laboratorium IPA di lantai dua. Api kemudian merembet ke ruang kelas di sebelahnya dan menjalar ke ruang penjaga di lantai bawahnya.

"Bagian laboratorium hampir habis. Atapnya sudah runtuh. Kalau di ruang lainnya hanya sedikit," ujar dia.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Surakarta, Etty Retnowati, memastikan ruangan tersebut akan diperbaiki sebelum tahun ajaran baru dimulai. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu namun kerugian masih ditaksir.

"Bangunan akan kami perbaiki selama liburan ini. Nanti siswa masuk tanggal 16 Juli 2018, kami pastikan sudah bisa dipakai seperti biasa," ungkapnya.
(bgs/bgk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed