DetikNews
Selasa 12 Juni 2018, 18:03 WIB

Menhub: Tren Pemudik 2018 Lebih Pilih Jalur Tol dan Angkutan Umum

Robby Bernardi - detikNews
Menhub: Tren Pemudik 2018 Lebih Pilih Jalur Tol dan Angkutan Umum Menhub Budi Karya Sumadi saat meninjau Pantura Pekalongan hari ini. Foto: Robby Bernardi/detikcom
Pekalongan - Trend mudik di Tahun 2018 ini para pemudik lebih banyak menggunakan jalur tol dan moda transportasi umum. Di Jalur nasional atau jalur Pantura (Jawa Tengah) sendiri mengalami penurunan hingga 20 persen ketimbang tahun-tahun sebelumnya.

Hal tersebut seperti apa yang dikatakan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat melakukan pemantauan langsung di jalur Pantura Selasa (12/6/2018) di Kota Pekalongan.

"Frekuensi roda empat gunakan jalan tol, sedangkan roda dua jalur nasional. Secara menyeluruh baik roda empat maupun roda dua menurun. Namun, kecepatan itu naik dan kepadatan turun," kata Budi Karya Sumedi.

Kondisi arus lalu lintas di Pantura Pekalongan. Kondisi arus lalu lintas di Pantura Pekalongan. Foto: Robby Bernardi/detikcom

Menurutnya, pemudik yang menggunakan jalur nasional lebih banyak pemudik dengan kendaraan roda dua. Itupun, jumlahnya menurun bila dibandingkan tahun-tahun lalu.

"Tadi saya melihat di beberapa spot, pengemudi motor masih ada, tapi menurun 12 persen yang prediksi kita naik 30 persen," jelasnya.

Namun, secara keseluruhan pengguna jalur nasional menurun.

"Beralih ke jalur tol dan angkutan umum. Pesawat udara naik 14 persen, biasanya cuma 4 persen. Kapal laut juga ada mudik gratis," jelasnya.

Menhub memastikan arus mudik tahun ini lancar dan aman.

"Tahun ini mudiknya lancar, setelah kita menunggu besok hari karena prediksi hari puncak. Seangkan untuk arus balik diprediksi tanggal 19-20 mendatang," katanya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed