DetikNews
Selasa 12 Juni 2018, 08:14 WIB

Polisi Gelar Prarekonstruksi Pembacokan Mahasiswa UGM

Ristu Hanafi - detikNews
Polisi Gelar Prarekonstruksi Pembacokan Mahasiswa UGM Prarekonstruksi pembacokan mahasiswa UGM. Foto: Istimewa
Yogyakarta - Polisi menggelar prarekonstruksi kasus pembacokan yang menewaskan mahasiswa UGM, Dwi Ramadhani Herlangga (26) dini hari tadi. Polisi menghadirkan AYT (19), pelaku pembacok korban.

"Malam ini kita melaksanakan prarekonstruksi, tujuannya untuk merekonstruksi awal peristiwa bagaimana terjadinya, kemungkinan kita bisa memperoleh saksi tambahan atau alat bukti tambahan," kata Direktur Ditreskrimum Polda DIY, Kombes Pol Hadi Utomo kepada wartawan seusai jalannya prarekonstruksi, Selasa (12/6/2018).

Menurut Hadi, dari seluruh rangkaian tindakan yang dilakukan AYT saat prarekonstruksi ini telah sesuai dengan alat bukti yang dikantongi penyidik.

"Nanti kita tuangkan di BAP, seluruh rangkaian prarekonstruksi sudah pas dengan pengakuan tersangka. Karena kita tidak percaya dengan pengakuan tersangka saja, tapi perlu dicocokkan antara rangkaian dengan alat bukti yang ada. Nanti kemungkinan ada rekonstruksi satu lagi untuk memastikan berkas perkara telah lengkap," jelasnya.

Prarekonstruksi hanya diikuti oleh AYT, Hadi menyebutkan alasannya karena dia merupakan tersangka utama. Sedangkan tersangka lainnya, MW (16), untuk sementara ini perannya disimpulkan sebagai pengendara motor yang memboncengkan AYT.


"Mungkin nanti (MW) diikutkan saat rekonstruksi susulan," ujarnya.

Sejauh ini polisi menyimpulkan motif kasus ini murni kejahatan jalanan yakni penganiayaan yang mengakibatkan orang lain meninggal. Berdasarkan hasil penyidikan sementara, pelaku sejak awal sudah menyiapkan alat berupa parang dan berniat melakukan penganiayaan di jalanan, bukan karena motif dendam kepada korban.

"Kita Ditreskrimum Polda DIY backup seluruh perkara di Polres, tapi peristiwa ini memang menonjol karena korbannya meninggal. Kita bersama dengan Polresta melakukan penyidikan," imbuhnya.


Jalannya prarekonstruksi berlangsung sekitar 1,5 jam, mulai pukul 24.00 hingga 01.30 WIB. Pelaku memperagakan 20 adegan di sejumlah titik, yakni di TKP pembacokan di Jalan C Simanjuntak sekitar simpang empat Mirota Kampus, Gondokusuman, Kota Yogya, dan Jalan Cik Di Tiro sekitar RS Panti Rapih Yogya.


Tidak sedikit warga sekitar maupun pengguna jalan yang kebetulan melintas berhenti untuk melihat jalannya prarekonstruksi ini. Polisi bersenjata lengkap juga tampak berjaga-jaga mengamankan lokasi.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed