DetikNews
Jumat 08 Juni 2018, 11:15 WIB

Tol Solo-Ngawi Mulai Buka Hari Ini, Masih Ada Pemudik yang Bingung

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Tol Solo-Ngawi Mulai Buka Hari Ini, Masih Ada Pemudik yang Bingung Tol Solo-Ngawi Gerbang Tol (GT) Ngemplak. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
FOKUS BERITA: Jalur Mudik 2018
Boyolali - Jalan tol Solo-Ngawi mulai dibuka sebagai jalur angkutan lebaran hari ini. Pada pengoperasian hari pertama ini, masih banyak pengemudi bingung.

Pantauan detikcom di Gerbang Tol (GT) Ngemplak, Boyolali, Jumat (8/6/2018), banyak kendaraan yang berhenti untuk menempelkan kartu e-toll atau uang elektronik. Padahal jalur tersebut masih beroperasi tanpa tarif atau gratis.

Terlihat palang pintu di gerbang tol masih belum difungsikan karena masih gratis. Penghitungan jumlah kendaraan masuk dan keluar pun terpaksa dicatat secara manual.

Manajer Pengendalian Operasi PT Jasa Marga Solo Ngawi (JSN), Imam Zarkasih, terlihat memantau gerbang tol bersama beberapa petugas. Dia beberapa kali memakai pengeras suara mengumumkan bahwa tol masih beroperasi secara gratis.

"Masih banyak yang belum tahu kalau jalan tol ini masih gratis. Nanti akan kami pasang tulisan pengumuman agar tidak perlu berhenti," katanya.

Sejak pukul 06.00 hingga pukul 10.30 WIB, menurutnya sudah ada 300-an kendaraan yang masuk dari GT Ngemplak. Kendaraan yang keluar pun jumlahnya tak jauh berbeda.

Dia memperkirakan jumlah pengguna jalan tol bakal meningkat setiap harinya. Prediksinya, jumlah pengguna tol akan memuncak pada H-3 lebaran.

"Kalau berdasarkan penghitungan di Salatiga, nanti puncaknya sampai 25 ribu. Lalu pada puncak arus balik nanti bisa 35 ribu," tutupnya.
(sip/sip)
FOKUS BERITA: Jalur Mudik 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed