Layanan Dispendukcapil Kota Semarang Tetap Buka Saat Cuti Lebaran

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Kamis, 07 Jun 2018 14:59 WIB
Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi. Foto: Dok Pemkot Semarang
Semarang - Pekan depan, Pegawai Negeri Sipil akan libur panjang lebaran. Meski demikian sejumlah pelayanan tetap akan buka selama liburan 10 hari tersebut.

Libur PNS yang ditentukan pemerintah akan berlangsung mulai tanggal 11 sampai 20 Juni 2018. Hal itu menimbulkan kekhawatiran terkait pelayanan warga selama massa liburan.

Oleh karenanya Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi memutuskan membuka sejumlah pelayanan saat hari libur. Hendrar mengatakan keputusan tersebut diambil dalam rapat koordinasi persiapan Idul Fitri hari Selasa (5/6) lalu.

"Kita petakan pelayanan apa saja yang dibutuhkan masyarakat selama mudik ke Kota Semarang," kata pria yang akrab disapa Hendi itu di Balai Kota Semarang, Kamis (7/6/2018).

Hasilnya, pelayanan yang tetap buka selama liburan itu adalah Dispendukcapil. Sehingga warga Kota Semarang yang tinggal diluar kota kemudian sedang mudik bisa mengurus dokumen kependudukan.

"Dispendukcapil untuk memenuhi kebutuhan administrasi kependudukan masyarakat yang domisilinya di luar tapi KTP-nya masih Kota Semarang," jelasnya.

Selain itu, Puskesmas juga dibuka selama 24 jam selama liburan Lebaran. Ada 11 Puskesmas, yaitu di Mangkang, Ngaliyan, Mijen, Karangmalang, Karangdoro, Gunungpati, Srondol, Ngesrep, Halmahera, Bangetayu, dan Tlogosari Kulon.

"Situation room Pemkot Semarang juga tidak libur, tetap beroperasi 24 jam sebagai pusat kendali kegiatan mulai dari pompa, perbaikan infrastruktur, sampai layanan call center gawat darurat di nomor 112," lanjut Hendi.

Selain itu Hendi juga menegaskan agar PNS tidak menggunakan mobil dinas untuk mudik. Sesuai PP nomor 53 tahun 2010 tentang disiplin PNS, sanksi bisa dijatuhkan jika melanggar.

"Bisa dipotong tunjangan pegawainya minimal satu bulan kalau tetap ngotot bawa mobil dinas untuk mudik," tegasnya. (alg/sip)