Awas! Hati-hati, Ada Pasar Tumpah di Pantura Brebes

Imam Suripto - detikNews
Kamis, 31 Mei 2018 16:01 WIB
Foto: Imam Suripto/detikcom
Brebes - Keberadaan sejumlah pasar tumpah di jalur Pantura Brebes, Jawa Tengah, dianggap bisa menghambat kelancaran arus mudik lebaran. Pemudik yang melintas di jalur ini diminta untuk berhati-hati.

Memasuki wilayah Kabupaten Brebes melalui jalur utama pantura, pemudik akan melintasi sejumlah pasar tumpah. Pasar tumpah itu diantaranya Pasar Losari, Tanjung, Bulakamba, Pasar Induk dan Limbangan.

"Dari Cisanggarung sampai Kaligangsa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mudik dan balik. Yaitu pasar tumpah di Losari, Tanjung, Bulakamba, Induk dan Limbangan," kata Kapolres Brebes, AKBP Sugiarto di kantornya, Kamis (31/5/2018).

Menurutnya kegiatan di pasar tumpah itu kerap menimbulkan kemacetan lalu lintas. Ini dikarenakan sebagian badan jalan dipenuhi pedagang dan barang barangnya.

Mengantisipasi kemacetan akibat aktifitas di pasar tumpah, Polres telah menerapkan strategi pagar betis untuk membatasi pedagang agar tidak melebar ke badan jalan.

"Seperti tahun lalu, utamanya pagar betis di pasar-pasar tersebut, sehingga tidak memimbulkan kemacetan," terangnya.

Selama ini, pasar tumpah selalu menjadi ancaman yang bisa menghambat arus lalu lintas saqt mudik. Para pedagang banyak yang menjajakan barangnya di badan jalan hingga menimbulkan penyempitan. Kondisi ini diperparah dengan naiknya jumlah pedagang saat menjelang lebaran.

Selain pedagang, keberadaan armada becak yang menunggu penumpang di pasar makin membuat arus lalu lintas bertambah padat. Armada becak ini kadang menempati separuh badan jalan hingga hanya menyisakan satu lajur. (bgs/bgs)