Tangis Suciati Dengar Azan Pertama dari Masjid yang Dibangunnya

Ristu Hanafi - detikNews
Selasa, 29 Mei 2018 12:37 WIB
Suciati Saliman (Foto: Ristu Hanafi/detikcom)
Sleman - Suciati Saliman semula hanyalah pedagang kecil di Pasar Terban, Yogya. Kini dia menjadi pengusaha sukses dan mampu mewujudkan mimpinya sejak kecil untuk membangun masjid. Inilah cerita tangisnya yang pecah saat mendengar azan pertama di masjid tersebut.

Masjid megah tersebut berlokasi di Jalan Gito Gati, Pandowoharjo, Sleman. Dibangun di atas lahan seluas 1.600 meter persegi dengan tinggi bangunan 3 lantai dan satu basement. Masjid itu dinamai Masjid Suciati Saliman, sesuai nama yang membiayai pembangunannya.

Butuh waktu sekitar 3 tahun untuk membangun masjid bergaya perpaduan arsitektur Timur Tengah dan Jawa tersebut. Peletakan batu pertama dilakukan 2 Agustus 2015 hingga diresmikan 13 Mei 2018, meskipun masih terus dilakukan penambahan dan pembenahan.
Tangis Suciati Dengar Adzan Pertama dari Masjid yang Dibangunnya(Foto: Ristu Hanafi/detikcom)

"Ini masih 80 persen pembangunan. Harapannya nanti bulan Agustus bisa selesai 100 persen," kata Suciati ketika ditemui di Masjid Suciati Saliman, Selasa (29/5/2018).


Suciati semula hanyalah pedagang ayam kecil-kecilan di Pasar Terban, Yogyakarta. Dari jualan 5 ekor ayam kampun kini dia memiliki Rumah Potong Ayam (RPA) modern dan memiliki 1.300 orang karyawan.

Perusahannya juga memproduksi makanan beku seperti nugget, sosis, bakso, dan patties dan juga tekah diajak bekerjasama sebuah perusahaan restoran waralaba ayam goreng skala internasional.
Tangis Suciati Dengar Adzan Pertama dari Masjid yang Dibangunnya(Foto: Ristu Hanafi/detikcom)



Tentang keinginan membangun masjid, Suciati mengatakan hal itu adalah impiannya sejak masih usia SMP dan semakin kuat tekadnya setelah menjalankan umrah tahun 1995. Dia terobesi membangun masjid dengan model Masjid Nabawi di Madinah.

Suciati mengisahkan sedikit perasaannya ketika masjid tersebut pertama kali mengumandangkan azan, beberapa hari sebelum secara resmi masjid diresmikan penggunaannya.
Tangis Suciati Dengar Adzan Pertama dari Masjid yang Dibangunnya(Foto: Ristu Hanafi/detikcom)

"Tanggal 6 Mei 2018, azan pertama waktu salat Maghrib, saat itu saya nangis. Mimpi (saya) terkabulkan. Gimana rasanya, masjidnya sudah jadi dan adzan pertama, ya gimana rasanya, saya waktu itu mendengarkan di luar rumah," ujarnya lirih.
Tangis Suciati Dengar Adzan Pertama dari Masjid yang DibangunnyaMasjid Suciati Saliman (Foto: Ristu Hanafi/detikcom)


Saksikan juga kisah Jubaedi, tukang sampang yang kembalikan uang temuan Rp 20 Juta berikut ini:

[Gambas:Video 20detik]

(mbr/mbr)