DetikNews
Sabtu 26 Mei 2018, 17:44 WIB

Tukang Sampah yang Kembalikan Rp 20 Juta Nyaris Ditipu 4 Orang

Ristu Hanafi - detikNews
Tukang Sampah yang Kembalikan Rp 20 Juta Nyaris Ditipu 4 Orang Jubaidi bersama gerobak sampah miliknya. Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Yogyakarta - Jubaidi (65), seorang tukang sampah di Kota Yogya menemukan tas karung berisi uang tunai Rp 20 juta. Kabar penemuan uang itu cepat menyebar dalam waktu singkat. Bahkan Jubaidi sempat akan ditipu oleh 4 orang yang mengaku pemilik uang tersebut.

"Ada 4 orang laki-laki, semuanya ngaku yang punya uang. Tapi saya tanya ciri-cirinya, warna tas, jumlah uangnya, mereka tidak bisa menyebutkan dengan benar," kata Jubaidi, saat ditemui di tempat tinggalnya di Jalan Gambiran No 14, RT 20 RW 05 Kebrokan, Pandeyan, Umbulharjo, Kota Yogya, Sabtu (26/5/2018).

Peristiwa Jubaidi menemukan karung berisi uang Rp 20 juta itu terjadi pada Rabu (23/5) sekitar pukul 06.00 WIB di Jalan Veteran, Warungboto. Saat dia sedang menarik gerobak memungut sampah dari rumah langganannya. Tiba-tiba dia melihat karung goni berwarna krem tergeletak di pinggir jalan.

Cerita Jubaidi soal temuan uang Rp 20 juta bisa disaksikan dalam video di bawah.

[Gambas:Video 20detik]

"Saya mengira itu sampah milik teman saya sesama tukang sampah yang jatuh. Lalu saya ambil, saya cek ternyata berisi uang dibungkus plastik di dalam karung itu," jelasnya.

Jubaidi sempat berteriak-teriak menemukan uang. Lalu dia membawa karung beserta isinya itu ke rumah Ketua RT 30 Warungboto yang kebetulan berada persis di depan lokasi dia menemukan karung itu.


Di rumah Pak RT itu Jubaidi segera melapor polisi dan sempat menghitung isi uang dalam karung yang dia temukan. Isinya berupa uang tunai Rp 20 juta, kemudian 19 amplop masing-masing berisi uang Rp 10.000, serta power bank, kipas angin baterai, kalung terapi, mantol, dan bedak.

"Lalu itu datang 4 orang, 2 orang naik motor pelat merah, saya tidak kenal. Keduanya mengaku pemilik uang tapi tidak bisa menyebutkan jumlah dan ciri-cirinya. Dan ternyata 4 orang itu bukan pemiliknya, pemiliknya orang lain, kemarin sudah dikembalikan di polsek," imbuh Jubaidi.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed