DetikNews
Jumat 25 Mei 2018, 09:00 WIB

TNGM Klarifikasi Soal Monyet di Merapi Turun Gunung

Ristu Hanafi - detikNews
TNGM Klarifikasi Soal Monyet di Merapi Turun Gunung Pemandangan Merapi dari Dusun Kaliotengah Lor, Desa Glagaharjo, Cangkringan, Sleman. Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Sleman - Monyet ekor panjang terpantau berkeliaran di lahan masyarakat yang berada di belakang kantor Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM), Jalan Kaliurang Km 22,6 Pakem, Sleman, pada Kamis (24/5) kemarin. Dugaan awal TNGM, monyet tersebut turun gunung seiring peningkatan aktivitas Gunung Merapi yang kini berstatus Waspada (level 2)

Namun setelah ditelusuri lebih lanjut oleh TNGM, monyet itu ternyata bukan satwa yang turun gunung dari kawasan TNGM.

"Berdasarkan hasil pemantauan dan pengumpulan informasi dari warga sekitar dan anggota SAR DIY di Pos Aju Kalikuning terkait monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) yang berada di lahan masyarakat belakang kantor Balai TN Gunung Merapi, monyet yang dijumpai adalah bagian kelompok monyet yang habitatnya di bantaran Kali Kuning di luar kawasan TNGM," kata Kepala Balai TNGM, Ammy Nurwati melalui keterangan tertulis yang diterima detikcom, Jumat (25/5/2018).

Dilanjutkannya, lokasi titik perjumpaan merupakan homerange (daerah jelajah) kelompok monyet dari bantaran Kali Kuning tersebut. Masyarakat seringkali dan sudah biasa menjumpai monyet tersebut, bahkan ketika status Gunung Merapi normal.


"Berkenaan hal tersebut, maka disimpulkan bahwa monyet yang dijumpai itu belum bisa dijadikan indikasi reaksi satwa terhadap peningkatan aktivitas Merapi," jelasnya.

Ammy menambahkan jika terindikasi ada pergerakan satwa dari kawasan TN Gunung Merapi maka akan disampaikan informasi lebih lanjut.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed