DetikNews
Rabu 23 Mei 2018, 12:59 WIB

Semua Objek Wisata dan Jalur Pendakian ke Merapi Ditutup

Ristu Hanafi - detikNews
Semua Objek Wisata dan Jalur Pendakian ke Merapi Ditutup Tlogo Putri di Kaliurang yang sepi pengunjung karena ditutup (Foto: Ristu Hanafi/detikcom)
FOKUS BERITA: Gunung Merapi Meletus
Sleman - Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) kembali menutup objek wisata di kawasan Merapi. Demikian juga dengan jalur pendakian menuju puncak Merapi. Penutupan itu dilakukan seiring peningkatan aktivitas dan status Gunung Merapi menjadi Waspada.

"Penutupan objek wisata di kawasan TNGM dalam rangka pengamanan serta kewaspadaan terhadap kemungkinan dampak bencana bagi pengunjung," kata Koordinator Data dan Informasi Balai TNGM, Susilo Ari Wibowo, saat dihubungi detikcom, Rabu (23/5/2018).

Objek wisata yang ditutup yakni Tlogo Muncar dan Tlogo Nirmolo di Kaliurang-Pakem, kemudian Panguk dan Plunyon di Kalikuning-Cangkringan, Deles Kemalang di Klaten, Jurang Jero, Srumbung di Magelang.
Semua Objek Wisata dan Jalur Pendakian ke Merapi DitutupPenutupan dilakukan seiring peningkatan status Merapi. (Foto: Ristu Hanafi/detikcom)


"Untuk sementara ditutup sampai dengan batas waktu yang akan ditentukan setelah ada peninjauan kembali perubahan aktivitas Gunung Merapi," jelasnya.

Tak hanya itu, jalur pendakian Gunung Merapi dari Sapuangin maupun dari Selo juga ditutup. Batas waktu penutupan jalur pendakian bagi masyarakat umum juga menunggu peninjauan kembali tingkat aktivitas Merapi.


"Kita terus mengevaluasi dan berkoordinasi dengan BPPTKG terkait tingkat aktivitas Gunung Merapi. Seperti letusan freatik 11 Mei lalu, kita juga sempat mengeluarkan kebijakan yang sama dan beberapa hari kemudian objek wisata sempat dibuka lagi sebelum ada kebijakan baru tanggal 22 Mei kemarin," imbuhnya.
(mbr/mbr)
FOKUS BERITA: Gunung Merapi Meletus
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed