DetikNews
Rabu 23 Mei 2018, 09:17 WIB

Warga Diimbau Bijak Jika Ada Pergerakan Satwa Gunung Merapi

Ristu Hanafi - detikNews
Warga Diimbau Bijak Jika Ada Pergerakan Satwa Gunung Merapi Taman Nasional Gunung Merapi di Kaliurang. Foto: Ristu Hanafi/detikcom
FOKUS BERITA: Gunung Merapi Meletus
Sleman - Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) mengimbau masyarakat agar bersikap bijak jika menjumpai pergerakan satwa yang kemungkinan terjadi akibat dari peningkatan aktivitas Gunung Merapi. Imbauan tersebut dituangkan melalui surat edaran yang dikeluarkan Selasa (22/5) kemarin dan ditembuskan kepada lapisan masyarakat dan sejumlah pihak terkait.

Kepala Balai TNGM Ammy Nurwati mengatakan pihaknya mengeluarkanimbauan tersebut berpijak pada status Gunung Merapi yang kini berstatus Waspada.

Dijelaskannya, isi surat edaran yakni TNGM merupakan habitat bagi satwa dan tumbuhan yang dilindungi. Adanya peningkatan aktivitas Gunung Merapi dimungkinkan dapat menyebabkan pergerakan satwa dari dalam kawasan TNGM menuju lokasi-lokasi yang dianggap aman bagi satwa.


"Pergerakan satwa dimungkinkan melalui permukiman, sawah, kebun, sungai, dan jalan yang merupakan tempat aktivitas manusia. Jadi kami mengimbau masyarakat sekitar kawasan TNGM apabila menjumpai satwa yang diduga dari kawasan TNGM agar dapat menyikapinya dengan bijaksana," kata Ammy, saat dihubungi detikcom, Rabu (23/5/2018).


Meski demikian, sejauh ini pihaknya belum menerima laporan dari masyarakat adanya satwa dari TNGM yang bergerak turun.

"Satwa-satwa di TNGM seperti monyet ekor panjang, kancil, rusa timor. Sejauh ini belum ada laporan satwa yang turun," imbuhnya.


Saksikan video Gunung Merapi Erupsi

(sip/sip)
FOKUS BERITA: Gunung Merapi Meletus
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed