DetikNews
Rabu 23 Mei 2018, 08:44 WIB

Merapi Erupsi Lagi, DIY Dinyatakan Aman dan Tak Perlu Evakuasi

Usman Hadi - detikNews
Merapi Erupsi Lagi, DIY Dinyatakan Aman dan Tak Perlu Evakuasi Kondisi puncak Gunung Merapi Selasa (22/5) pukul 15.10 WIB. Foto diambil dari kawasan wisata Kaliadem, Sleman. Foto: Ristu Hanafi/detikcom
FOKUS BERITA: Gunung Merapi Meletus
Yogyakarta - Gunung Merapi kembali erupsi freatik untuk kesekian kalinya di bulan ini. Terakhir Merapi yang berstatus waspada ini erupsi dini hari tadi pukul 03.31 WIB berdurasi empat menit dengan ketinggian kolom 2.000 meter.

Manager Pusdalops BPBD DIY, Danang mengatakan, setelah erupsi warga di lereng Merapi tidak sampai melakukan evakuasi ke tempat-tempat yang aman. Mereka hanya berkumpul di titik kumpul.

"Tidak terjadi pergerakan masyarakat untuk evakuasi. Masyarakat hanya berkumpul di titik kumpul dan saat ini sudah kembali ke rumah masing-masing," jelasnya, Rabu (23/5/2018).


Danang mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tak gelisah. Namun pihaknya meminta masyarakat terutama yang ada di lereng Merapi untuk tetap mematuhi instruksi petugas.

"Untuk antisipasi hujan abu di sekitar lereng Merapi bisa dilakukan dengan menggunakan masker dan menutup sumber air," ungkapnya.


Selanjutnya, Pusdalops BPBD DIY meminta masyarakat untuk mencari informasi erupsi Merapi dari sumber terpercaya. Seperti akun media BPPTKG dan BPBD.

"Masyarakat diimbau untuk tidak menyebarkan berita atau informasi yang meresahkan," tutupnya.



Video Bikin Klimaks, Letusan Freatik Merapi Depan Muka

(sip/sip)
FOKUS BERITA: Gunung Merapi Meletus
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed