DetikNews
Rabu 23 Mei 2018, 08:37 WIB

Hujan Abu Erupsi Merapi di Desa Keningar Magelang Disertai Pasir

Pertiwi - detikNews
Hujan Abu Erupsi Merapi di Desa Keningar Magelang Disertai Pasir Kondisi puncak Gunung Merapi Selasa (22/5) pukul 15.10 WIB. Foto diambil dari kawasan wisata Kaliadem, Sleman. Foto: Ristu Hanafi/detikcom
FOKUS BERITA: Gunung Merapi Meletus
Magelang - Hujan abu Gunung Merapi mengguyur sejumlah lokasi di Kabupaten Magelang. Di Desa Keningar yang merupakan salah satu lokasi terdampak, dilaporkan mengalami hujan abu disertai pasir.

"Untuk hujan abu di Kecamatan Dukun agak tebal. Dari informasi yang kami terima, untuk wilayah Desa Keningar terjadi hujan abu disertai pasir," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edi Susanto, Rabu (23/5/2018).

Berdasarkan laporan yang masuk ke BPBD, desa yang diguyur hujan abu di Kecamatan Dukun yakni Keningar, Sumber, Ngargomulyo, Ngadipuro, Wates, Kalibening, Dukun. Adapun sebaran abu mencapai Kecamatan Mungkid, Muntilan, Sawangan, Candimulyo, Mertoyudan, Tempuran, hingga Kota Magelang.


Sejauh ini, BPBD Kabupaten Magelang telah mendistribusikan masker untuk masyarakat baik dibagikan langsung maupun melalui pemerintah desa. Petugas juga kembali membagikan masker pagi ini di Kecamatan Dukun.


Edi meminta masyarakat untuk tidak panik dan tetap tenang serta waspada dalam menyikapi aktivitas Gunung Merapi ini. Masyarakat diimbau untuk tetap memantau kondisi Gunung Merapi melalui berita terpercaya dan tidak mempercayai dan tidak ikut menyebarluaskan berita hoax yang dapat meresahkan.


Video Hujan Abu Guyur Yogyakarta, Bandara Adisutjipto Ditutup

(sip/sip)
FOKUS BERITA: Gunung Merapi Meletus
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed