DetikNews
Selasa 22 Mei 2018, 08:41 WIB

Ratusan Pengungsi Gunung Merapi di Tlogolele Boyolali Pulang

Ragil Ajiyanto - detikNews
Ratusan Pengungsi Gunung Merapi di Tlogolele Boyolali Pulang Pengungsi Gunung Merapi di TPPS Tlogolele. Foto: Dok BPBD Boyolali
FOKUS BERITA: Gunung Merapi Meletus
Boyolali - Ratusan warga yang sempat mengungsi akibat meningkatnya aktivitas Gunung Merapi, sudah kembali ke rumahnya masing-masing. Warga pulang pagi ini setelah situasi dinilai aman.

"Sudah pada pulang semua," kata Widodo, Kepala Desa Tlogolele, Kecamatan Selo, Boyolali dihubungi detikcom, Selasa (22/5/2018) .

Tadi malam ratusan warga dari Dukuh Stabelan, Desa Tlogolele mengungsi karena meningkatnya aktivitas Gunung Merapi. Dukuh Tlogolele merupakan dukuh paling atas di Desa Tlogolele. Dukuh tersebut hanya berjarak sekitar 3,5 km dari puncak Merapi.

"Warga dari Dukuh Stabelan dan sedikit warga Dukuh Takeran. Mengungsi ke TPPS Tlogolele, tapi sekarang sudah pulang semua," jelas Widodo.

Menurut Widodo, sejauh ini wilayah Desa Tlogolele juga tidak turun hujan abu akibat beberapa kali letusan freatik gunung Merapi, kemarin.

"Tidak (hujan abu)," kata Widodo.


Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Boyolali, Purwanto, menjelaskan jumlah warga Desa Tlogolele yang mengungsi tadi malam sebanyak 362 jiwa. Terdiri, Balita 35 anak, Lansia 12 orang, anak-anak 39, remaja 41 serta ayah dan ibu sebanyak 235 orang.


Seperti diketahui, aktivitas gunung Merapi mengalami peingkatakan. Terjadi beberapa kali letusan freatik sehari kemarin. BPPTKG meningkatkan status Gunung Merapi dari Normal menjadi Waspada.




Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir terhadap erupsi Gunung Merapi, tonton video selengkapanya di 20Detik:


(sip/sip)
FOKUS BERITA: Gunung Merapi Meletus
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed