DetikNews
Selasa 22 Mei 2018, 07:57 WIB

Merapi Waspada, Magelang Terpantau Aman Pagi Ini

Pertiwi - detikNews
Merapi Waspada, Magelang Terpantau Aman Pagi Ini Grafik kamera thermal saat terjadi letusan freatik Merapi pukul 17:50 WIB, Senin (21/5/2018). Foto: Dok BPPTKG
FOKUS BERITA: Gunung Merapi Meletus
Magelang - Gunung Merapi kini berstatus Waspada. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang memastikan tidak ada warga Magelang yang mengungsi hingga saat ini. Kondisi wilayah lereng barat Merapi juga terpantau masih normal.

"Di Magelang belum ada (pengungsi)," jelas Kepala BPBD Kabupataen Magelang, Edi Susanto saat dihubungi detikcom, Selasa (22/5/2018).

Edi juga memastikan bahwa tidak ada warga yang tinggal maupun beraktivitas pada jarak radius 3 kilometer dari puncak gunung. Hal itu sesuai dengan imbauan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) yang meminta daerah radius 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi untuk disterilkan.

"Aman, warga tidak ada yang tinggal di radius kurang dari 5 kilometer dari puncak," ujarnya.

Meski demikian, Edi membenarkan jika warga yang tinggal di lereng Merapi telah melakukan upaya kesiapsiagaan. Hal itu diperlukan jika sewaktu-waktu harus dilakukan langkah evakuasi.

"Kalau yang namanya kesiapsiagaan ini termasuk kesiapan mengungsi. Yang perlu disiapkan adalah benda-benda berharga, terutama dokumen. Seperti akta, surat kelahiran, surat tanah, maupun lainnya," urai Edi.


Selain itu, BPBD juga telah membekali warga dengan sejumlah sosialisasi, pelatihan, hingga simulasi.

"Temasuk kemarin kita sudah menghadirkan dari BPPTKG Yogyakarta untuk memberikan sosialisasi kepada warga di Kecamatan Srumbung tentang kondisi Gunung Merapi," ungkap Edi.


Adapun kesiapan dari BPBD menghadapi kemungkinan perubahan kondisi status Gunung Merapi diantaranya personel, kelengkapan, hingga logistik.

"Kita sudah siapkan shelter, Tempat Evakuasi Akhir (TEA), Puskesmas dan RSU (Dinas Kesehatan), logistik, dan lainnya. Semua sudah standby," katanya.



"Moeldoko: masyarakat tak perlu khawatir erupsi Merapi", tonton video selengkapnya di 20Detik:


(sip/sip)
FOKUS BERITA: Gunung Merapi Meletus
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed