DetikNews
Senin 21 Mei 2018, 23:08 WIB

388 Warga Sleman Mengungsi Akibat Erupsi Freatik Merapi

Ristu Hanafi - detikNews
388 Warga Sleman Mengungsi Akibat Erupsi Freatik Merapi Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Sleman - Gunung Merapi mengalami letusan freatik sore tadi atau yang ketiga kalinya pada hari ini. Akibatnya, hujan abu melanda sejumlah desa di Kabupaten Sleman bagian utara. Dilaporkan, ratusan warga di Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, terpaksa mengungsi ke balai desa setempat.

"Pendataan sementara, ada 388 warga yang mengungsi di Balai Desa Glagaharjo," kata Kaur Pemerintahan Desa Glagaharjo, Heri Prasetyo, kepada wartawan, Senin (21/5/2018).

Ratusan warga tersebut berasal dari empat dusun, yakni Kalitengah Lor, Kalitengah Kidul, Srunen, dan Singlar. Mayoritas merupakan lansia, ibu-ibu, dan anak-anak. Sedangkan laki-laki dewasa berjaga-jaga di rumah dan berpatroli memantau kondisi terkini puncak Merapi.

Desa Glagaharjo petang tadi juga dilanda hujan abu vulkanik Gunung Merapi. Ratusan warga yang rumahnya berada di sisi utara Desa Glagaharjo itu langsung turun untuk mengamankan diri secara mandiri di balai desa.

Pada pukul 22.00 WIB, guyuran hujan abu telah berhenti. Namun ratusan warga ini memilih bertahan sementara di balai desa karena kondisi malam hari demi keamanan dan kenyamanan.

"Kita ini masih pendataan sekaligus memastikan logistik untuk warga mencukupi. Untuk malam ini warga bisa makan malam semuanya," jelasnya.



Saksikan juga video himbauan Moeldoko bahwa masyarakat tak perlu khawatir erupsi Merapi:


(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed