DetikNews
Senin 21 Mei 2018, 20:50 WIB

Merapi Erupsi Freatik, Ratusan Warga di Sleman Mengungsi

Ristu Hanafi - detikNews
Merapi Erupsi Freatik, Ratusan Warga di Sleman Mengungsi Foto: Dok BPPTKG
Sleman - Gunung Merapi mengalami erupsi freatik pukul 17.50 WIB atau untuk ketiga kalinya pada hari ini. Ratusan warga terdampak di Sleman bagian utara dilaporkan mengungsi sementara petang ini.

"Ada sekitar 150 warga yang mengamankan diri di Balai Desa Glagaharjo," kata Kepala Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Suroto, saat dihubungi wartawan, Senin (21/5/2018).

Sementara itu, Camat Cangkringan Mustadi menambahkan, hingga pukul 19.30 WIB, sebagian warganya masih berada di Balai Desa Glagaharjo. Mereka merupakan warga yang memiliki rumah di bagian atas atau sisi utara dekat dengan puncak Merapi. Yakni di Dusun Kalitengah Lor, Kalitengah Kidul, dan Srunen. Tiga wilayah tersebut sebagian berada di zona merah atau Kawasan Rawan Bencana (KRB) III, berada sekitar 4 kilometer dari puncak Merapi.

"Warga di wilayah atas sudah turun ke Balai Desa Glagaharjo," jelasnya.

Selain Desa Glagaharjo, berdasarkan laporan Pusdalops BPBD Sleman, hujan abu vulkanik dampak erupsi freatik Merapi petang ini juga terjadi di Desa Kepuharjo dan Umbulharjo di Kecamatan Cangkringan, kemudian di Desa Purwobinangun, Hargobinangun, dan Kaliurang di Kecamatan Pakem.



Saksikan juga video himbauan Moeldoko bahwa masyarakat tak perlu khawatir erupsi Merapi:


(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed