DetikNews
Senin 21 Mei 2018, 19:43 WIB

Merapi Kembali Erupsi Freatik, Hujan Abu Landa 6 Desa di Sleman

Ristu Hanafi - detikNews
Merapi Kembali Erupsi Freatik, Hujan Abu Landa 6 Desa di Sleman Foto: Dok BPPTKG
Sleman - Gunung Merapi kembali mengalami erupsi freatik pukul 17.50 WIB tadi. Hujan abu dilaporkan terjadi di sejumlah wilayah Sleman bagian utara.

"Pukul 17.50 WIB letusan freatik Merapi. Petang ini dilaporkan terjadi hujan abu di sejumlah titik," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman, Makwan, saat dihubungi detikcom, Senin (21/5/2018).

Berdasarkan data dari Pusdalops BPBD Sleman update pukul 19.00 WIB, sejumlah titik yang terjadi hujan abu vulkanik yakni Kalitengahlor pukul 18.37 WIB, kemudian disusul hujan abu terjadi di Desa Glagaharjo, Kepuharjo, dan Umbulharjo Kecamatan Cangkringan, kemudian di Desa Purwobinangun, Hargobinangun, dan Kaliurang Kecamatan Pakem.

"Tidak mengganggu aktivitas masyarakat tapi kami imbau masyarakat tetap waspada dan berhati-hati, serta tidak panik. Cermati berita dan informasi yang beredar, teliti sumber dan waktunya," jelasnya.

"Kita sudah terjunkan TRC ke wilayah Sleman sisi utara untuk memantau situasi dan kondisi terkini, serta koordinasi dengan pihak terkait," imbuhnya.




Letusan freatik Gunung Merapi telah menyebabkan hujan abu di beberapa kawasan, tonton video selengkapnya di 20Detik:


(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed