DetikNews
Senin 21 Mei 2018, 07:49 WIB

Hujan Abu Letusan Freatik Merapi Diprediksi ke Arah Barat Daya

Usman Hadi - detikNews
Hujan Abu Letusan Freatik Merapi Diprediksi ke Arah Barat Daya Taman Nasional Gunung Merapi. Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Sleman - Hujan abu vulkanik diprediksi akan terjadi di wilayah barat daya Gunung Merapi. Hal tersebut menyusul letusan erupsi freatik yang terjadi di Gunung Merapi dini hari tadi.

"Abunya (hujan abu) ada di sekitar Merapi, tetapi arahnya cenderung ke barat daya," kata Kepala BPPTKG Yogyakarta, Hanik Humaida saat dihubungi detikcom, Senin (21/5/2018).

Hanik mengatakan, letusan freatik yang terjadi pagi ini skalanya tergolong kecil. Jangkauan erupsinya tidak terlalu luas. Namun pihaknya tetap mengimbau masyarakat waspada.


"Kalau di Yogya kayaknya enggak (terjadi hujan abu). Ini teman-teman di lapangan sedang memantau," paparnya.

Meski demikian, lanjut Hanik, wilayah Yogyakarta masih sangat mungkin terdampak erupsi Merapi bila arah angin berubah. Sebab, hujan abu vulkanik sangat dipengaruhi faktor angin.

"(Arah angin sekarang) cenderung ke barat daya, Magelang," ucapnya.


"Kita tidak bisa bilang (wilayah Yogyakarta) aman ya, dalam arti sampai saat ini arahnya masih ke barat daya," lanjutnya.

Adapun penyebab letusan freatik dini hari tadi sama seperti letusan pada Jumat (11/5) lalu. Penyebabnya karena terjadi akumulasi gas dan uap air yang mendorong erupsi.

[Gambas:Video 20detik]


(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed