DetikNews
Kamis 17 Mei 2018, 22:11 WIB

Tapak Suci Bantah Info Anak Bomber Surabaya Sebagai Anggotanya

Usman Hadi - detikNews
Tapak Suci Bantah Info Anak Bomber Surabaya Sebagai Anggotanya Afnan Hadikusumo (Foto: Usman Hadi/detikcom)
Yogyakarta - Ketum PP Perguruan Seni Beladiri Tapak Suci, Afnan Hadikusumo, membantah bahwa informasi yang menyebut anak bungsu bomber di Mapolrestabes Surabaya adalah anggotanya. Pihaknya menyayangkan informasi tersebut disebarkan tanpa konfirmasi.

"Seperti (kasus terorisme) yang di Surabaya, katanya ada anak usia 8 tahun sudah pernah ikut kejuaraan di Solo. Kemudian mau mengikuti kejuaraan di Malaysia. Itu semua tidak benar," kata Afnan kepada wartawan di Yogyakarta, Kamis (17/5/2018) malam.

"Di Tapak Suci itu tidak ada kejuaraan usia dini. Itu tidak ada. Kemudian di Malaysia, itu kejuaraan pencak silat itu tidak ada yang usianya dini. (Usia) 8 tahun itu belum boleh mengikuti kejuaraan fisik, kecuali seni. Seni itupun dibatasi," lanjutnya.

Sebelumnya, beberapa media menyebut anak bungsu bomber Mapolrestabes Surabaya pada Senin lalu adalah anggota Tapak Suci. Bahkan, anak tersebut disebut berhasil menang kejuaraan di Solo dan dijadwalkan mengikuti kejuaraan bela diri di Malaysia.

"Kami sangat mengharapkan pemerintah untuk kroscek pihak-pihak terkait, terutama yang terkena (dampak), termasuk kita. Di Tapak Suci juga sudah melakukan kroscek ke pemda setempat, ternyata tidak ada nama Aisyiah atau siapa itu," ungkapnya.

Lebih lanjut Afnan yang juga merupakan anggota DPD RI dari DIY tersebut mendesak pemerintah segera menyelesaikan sejumlah kekerasan teros yang merebak kembali dalam beberapa waktu terakhir.

"Saya yakin pemerintah tahu siapa motivatornya, kemudian provokatornya sebenarnya juga tahu. Tinggal nangkap, tapi tidak dilakukan," kata Afnan.

Afnan mendukung langkah pemerintah untuk mengungkap dalang dan provokator sejumlah aksi teror tersebut agar tidak muncul kecurigaan antar golongan di tengah masyarakat.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed