DetikNews
Kamis 17 Mei 2018, 15:10 WIB

Pelayat Iringi Pemakaman Pencipta Lagu-lagu Nasida Ria

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Pelayat Iringi Pemakaman Pencipta Lagu-lagu Nasida Ria Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang - Rumah almarhum KH Ahmad Buchori Masruri dipenuhi para pelayat yang mengantarkan pencipta lagu-lagu Nasida Ria itu ke peristirahatan terakhir. Ribuan pelayat mengantarkan kepergian KH ahmad Buchori Masruri hingga peristirahata terakhirnya.

Sejumlah pelayat terus berdatangan antara lain mantan Gubernur Jateng, Ali Mufid, Ketua MUI Jateng KH Ahmad Darodji, Rois Syuriah PCNU Kota Semarang, KH Hanif Ismail, Ketua DPW PPP Masruhan Samsuri, dan calon Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Selain itu ada juga beberapa personel Nasida Ria yang datang.

Karangan bunga duka cita juga menghiasi jalan menuju rumah almarhum di Sambiroto, Semarang. Antara lain dari DPW PPP Jateng, DPC PKB Kota Semarang, dan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi.

KH Buchori yang merupakan mantan Ketua PWNU Jateng itu meninggal pukul 08.30 WIB pagi tadi di RSI Sultan Agung Semarang. Dari diagnosa dokter, KH Buchori meninggal akibat jantung bocor yang sudah diderita menahun.
Pelayat Iringi Pemakaman Pencipta Lagu-lagu Nasida RiaFoto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom

"Sudah lama kalau jantung bocornya, menurut dokter karena itu," kata putra pertama KH Buchori, KH Haedar Buchori, Kamis (17/5/2018).

Selain sering berceramah, almarhum juga dikenal sebagai pencipta lagu dari grup kasidah legendaris, Nasida Ria. Lagu-lagu tersebut antara lain Perdamaian, Wartawan Ratu Dunia, dan Palestina.

Sementara itu, Ganjar Pranowo yang ikut melayat mengatakan pemikiran almarhum yang dituangkan dalam lagu sejak tahun 80-an masih relevan hingga saat ini.

"Beliau adalah sesepuh karismatik. Saat ini dibutuhkan sekali gagasan beliau yang sejak 80-an, masih kontekstual sampai saat ini," kata Ganjar.

Saat ini jenazah dibawa ke masjid untuk disalatkan dan setelah itu dimakamkan di pemakaman tidak jauh dari tempat tinggal.
(alg/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed