DetikNews
Kamis 17 Mei 2018, 14:31 WIB

Warga Kulon Progo Serbu Mobil Penukaran Uang BI

Ristu Hanafi - detikNews
Warga Kulon Progo Serbu Mobil Penukaran Uang BI Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Kulon Progo - Memasuki hari pertama bulan Ramadan, warga Kulon Progo mulai menyerbu mobil keliling layanan penukaran uang recehan nominal kecil yang baru milik Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPBI) DIY. Hal itu seperti yang terlihat di Pasar Wates.

Warga antusias ikut mengantre dengan tertib dan rapi. Mereka menukarkan uang recehan kecil Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000, dan Rp 20.000. Bahkan pedagang Pasar Wates juga memanfaatkan layanan penukaran uang dari BI ini.

"Ini tukar uang recehan untuk kembalian pembeli," kata salah seorang pedagang, Nining, Kamis (17/5/2018).

Biasanya Nining menukarkan uang di kas BRI di Pasar Wates. Namun dia hari ini memilih antre layanan dari BI karena ingin menukar dengan uang recehan yang baru.

Lain hal diungkapkan Giri Lestari, yang mengaku menukarkan uang jauh-jauh hari untuk persediaan Lebaran. Dia menukarkan uang recehan baru nominal Rp 5.000 dan Rp 20.000.

"Biasanya kasih angpao ke keluarga," ujarnya.

Sementara itu, kasir mobil layanan BI, Slamet Widayanto mengatakan mobil layanan khusus penukaran uang recehan kecil ini menyasar sejumlah lokasi. Khusus untuk Pasar Wates pihaknya menyiapkan uang recehan kecil sejumlah total Rp 320 juta dan penukaran dibatasi tiap orang maksimal satu paket senilai Rp 3,7 juta.

"BI melayani penukaran uang di 15 pasar, hari ini di Pasar Wates dan Sleman. Juga di instansi-instansi karena kebutuhan uang recehan kecil cenderung meningkat menjelang Lebaran," jelasnya.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed