DetikNews
Rabu 16 Mei 2018, 18:26 WIB

Pilbup Tegal

KPU Minta PKB Segera Ajukan Cabup Tegal Pengganti Ki Enthus

Imam Suripto - detikNews
KPU Minta PKB Segera Ajukan Cabup Tegal Pengganti Ki Enthus Foto: Imam Suripto/detikcom
Tegal - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, meminta kepada partai partai pengusung paslon nomor 3 untuk mencari pengganti Enthus Susmono yang meninggal pada Selasa lalu. Hal ini untuk mencegah gugurnya paslon dalam pikada 2018 nanti.

"Pasca meninggalnya Enthus Susmono KPU akan melakukan pengadaan logistik ulang karena surat suara APK yang sudah tersebar dan dicetak masih mencantumkan nama Enthus," ujar Ketua KPU Tegal, Sukartono di kantornya, Kamis (16/5/2018).

Sesuai aturan ada waktu 7 hari bagi partai pengusung untuk segera mencari nama pengganti sejak Ki Enthus meninggal dunia. Sukartono berharap, dengan waktu yang singkat ini, semua persyaratan administrasi calon juga sudah bisa dipenuhi.

Menanggapi hal itu, Ketua DPC PKB Kabupaten Tegal, Ahmad Firdaus Assyairozi, menuturkan ada dua opsi bagi partainya dalam melakukan pergantian itu.

"Apakah nanti kami mencari pengganti buat posisi calon bupati, atau pengganti posisi untuk calon wakil bupati untuk kemudian Bu Umi (Umi Azizah) mengisi calon bupati. Aturan KPU memperbolehkan itu," kata Firdaus.

Ia menargetkan dalam satu hingga dua hari ke depan, pihaknya sudah menunjuk satu nama untuk diajukan ke DPP PKB.

Firdaus menegaskan hasilnya akan tergantung pada rapat koordinasi dan istikhoroh para kiai. Setelah itu, hasil rapat akan segera sampaikan ke pusat.

Sejauh ini, DPC PKB Tegal hanya mengusulkan nama. Sedangkan DPP yang akan merekomendasikan nama yang menjadi calon bupati atau wakil bupati.

"Tetapi DPP mempertimbangkan usulan dari DPC," imbuh pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Tegal itu.

Menyikapi soal ini, anggota DPR RI, yang juga salah satu Ketua DPP PKB Bahrudin Nasori, menyatakan DPP pastinya menunggu usulan dari bawah.

"Intinya, harus ada penggantinya. Kalau tidak akan gugur dengan sendirinya calon yang sudah ada, yakni Bu Umi. Kita kan fastabiqul khoirot, berlomba-lomba dalam kebaikan, yakni memilih memimpin daerah yang baik," ujarnya.


Ditanya soal calon pengganti Enthus bisa dari luar partai, Bahrudin, menuturkan kemungkinan itu bisa saja terjadi. Dia menegaskan, dari mana pun partainya, PKB harus segera memiliki pengganti.

Soal pengganti Enthus, Kristi Haryani, Pengurus Gerindra Kabupaten Tegal mengaku memasrahkan keputusan kepada PKB selaku pengusung.

"Sebagai pendukung, kami serahkan ke PKB dan kami akan ikuti. Soal nama akan dibicarakan nanti dalam rapat," terangnya.


Gerindra berkomitmen, siapapun yang akan mengganti Enthus, akan tetap memberikan dukungan.

Hal senada disampaikan oleh Ketua DPD PKS Kabupaten Tegal, Budi Haryono. Ditegaskan, partainya akan konsolidasi untuk menentukan sikap PKS dalam mencari pengganti Ki Enthus.

"Kita sifatnya menunggu instruksi dari atasan. Kalau pusat memerintahkan mendukung kami siap laksanakan," tandasnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
BERITA TERBARU +