detikNews
Selasa 15 Mei 2018, 14:19 WIB

Kemenag DIY Akan Pantau Hilal di 2 Lokasi Ini Sore Nanti

Usman Hadi - detikNews
Kemenag DIY Akan Pantau Hilal di 2 Lokasi Ini Sore Nanti Ilustrasi. Foto diambil saat pemantauan hilal di Candi Sukuh, Karanganyar tahun lalu. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Yogyakarta - Kanwil Kemenag DIY akan melakukan pemantauan hilal sore ini. Pemantauan hilal akan difokuskan di dua tempat, yakni di Pos Observasi Bulan (POB) Syech Bela-Belu Parangtritis Bantul, dan di Bukit Brambang Gunungkidul.

Sekretaris Badan Hisab Rukyat (BHR) Kanwil Kemenag DIY, Juahar Mustofa mengatakan, memang dua tahun terakhir Kanwil Kemenag DIY hanya memantau hilal di dua tempat. Penyebabnya karena keterbatasan anggaran.

"(Pemantauan hilal) di Kulon Progo tampaknya tidak ada, di Pantai Trisik tidak ada," kata Juahar saat dihubungi detikcom, Selasa (15/5/2018).

Menurutnya, pemantauan ini penting dilakukan untuk mengetahui posisi hilal untuk menentukan awal Bulan Ramadan.

"Nanti kita mulai (memantau hilal) jam 16.00 WIB, insya Allah sudah siap nanti teman-teman di POB. Pemantauannya ya sampai habis magrib," ungkapnya.

Juahar melanjutkan, pemantauan hilal di POB Syekh Bela-Belu dan Bukit Brambang tidak hanya diikuti oleh BHR Kanwil Kemenag DIY. Namun juga akan diikuti BMKG Yogyakarta, dan beberapa akademisi di DIY.

"Kalau kemarin (tahun lalu) kan ada UAD, UII, dan lain-lain. Kemungkinan iya (dari perguruan tinggi ikut memantau), tapi bisanya mereka langsung menggabung di sana," ucapnya.

Kanwil Kemenag DIY berharap pemantauan hilal di POB Syekh Bela-Belu dan Bukit Brambang berjalan lancar. Persoalan cuaca yang kerap mengganggu pemantauan diyakini tidak akan terjadi sore ini.

"Harapannya bagus. Ini kan sudah memasuki bulan kemarau, jadi relatif kalau bulan kemarau kan cuaca di sana bagus. Berbeda ketika masih menghujan yang agak sulit (pemantauannya)," jelas Juahar.

Untuk mengoptimalkan pengamatan hilal pihak Kanwil Kemenag DIY telah menyiapkan dua teropong. Kemudian pihak BMKG Yogyakarta juga bersiap dengan dua teropongnya.

"Paling tidak nanti ada empat teropong," katanya.

Juahar menerangkan, hasil pengamatan di POB Syekh Bela-Belu dan Bukit Brambang nantinya akan langsung dilaporkan ke Kemenag Pusat. Sebab, Kemenag RI sore ini akan melangsungkan sidang isbat di Jakarta.

"Mulai sore ini sudah dimulai sidang isbat. Jadi banyak rangkaian yang dilakukan di sidang isbat itu. Hanya penentuannya (awal Ramadan) menunggu hasil rukyat beberapa POB di seluruh Indonesia," pungkasnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com