DetikNews
Jumat 11 Mei 2018, 10:05 WIB

Pasca Letusan Freatik Gunung Merapi, Magelang Terpantau Aman

Pertiwi - detikNews
Pasca Letusan Freatik Gunung Merapi, Magelang Terpantau Aman Foto: Twitter Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG)
FOKUS BERITA: Gunung Merapi Meletus
Magelang - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang memastikan tidak ada hujan abu di wilayah Magelang sebagai dampak dari letusan freatik Gunung Merapi pagi ini.

"Tidak ada (hujan abu). Kemungkinan karena arah angin ke Selatan," ujar Kepala BPBD Kabupaten Magelang, Edi Susanto, kepada detikcom, Jumat (11/5/2018).

Edi menyebutkan, dari laporan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Magelang per pukul 08.30 WIB, ada pergeseran arah abu vulkanik yang tertiup angin menuju arah Selatan. Selain itu, kondisi Gunung Merapi juga aman dan normal.

"Letupan yang tadi terjadi merupakan letupan freatik, kondisi tersebut normal pada sebuah gunung merapi. Pantauan seismograf aman dan normal,"kata Edi.


Edi meminta masyarakat untuk tetap tenang dan beraktivitas seperti biasa.

"Sejauh ini kondisi Merapi masih aman. Namun demikian kita tetap waspada, sambil menunggu perkembangan info terbaru dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG)," tandas Edi.


Untuk diketahui, erupsi freatik merupakan proses keluarnya magma ke permukaan bumi karena pengaruh uap yang disebabkan sentuhan air dengan magma, baik secara langsung ataupun tidak langsung.

Erupsi freatik terjadi ketika adanya air tanah, air laut, air danau kawah, atau air hujan yang menyentuh magma di dalam bumi, panas dari magma akan membuat air tersebut menjadi uap, dan ketika tekanan uap sudah sangat tinggi dan tidak bisa dibendung, maka akan terjadi letusan yang disebut erupsi freatik.

Letusan dari erupsi freatik mengeluarkan material padat yang terlempar akibat tekanan dari uap tadi.

Merapi kembali batuk, netizen ramai mendoakan. Tonton video doa-doa netizen untuk Merapi di sini:

[Gambas:Video 20detik]

Kirimkan foto atau video kalian terkait erupsi Merapi ke PasangMata.com


(sip/sip)
FOKUS BERITA: Gunung Merapi Meletus
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed