Pilgub Jateng 2018

Cara Gus Yasin Dekati Komunitas Anak Muda di Kudus

Akrom Hazami - detikNews
Selasa, 08 Mei 2018 22:48 WIB
Foto: Akrom Hazami/detikcom
Kudus - Calon Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin mengobrol santai dengan beragam komunitas di salah satu kafe di wilayah Jati, Kudus, Selasa (8/5/2018) malam.Ia mengajak kumpul dan ngobrol bersama dengan berbagai komunitas.

Beberapa komunitas tersebut diantaranya Komunitas Kudus Street Art, komunitas teater, pecinta kopi dan komunitas lainnya.

"Saya dari Kudus Street Art (KSA). Kami ingin Kudus punya lebih banyak public space seperti Kalijodo Jakarta. Di Kudus masih kurang tempat publik," kata Danang Sukoco, saat ngobrol bareng.

Dia berharap pemerintah lebih banyak menyediakan tempat publik. Tentu juga memerhatikan soal keamanannya pula.

"Kami inginnya pemerintah banyak menyediakan public space," ucapnya.

Gus Yasin, menanggapi jika pemerintah sangat membutuhkan masukan warga. Terutama soal tempat yang layak menjadi tempat publik. Sebab dari masyarakat biasanya muncul tempat baru yang layak jadi tempat publik.

"Silakan dipotret. Kita ciptakan tempat nongkrong baru. Kalau muncul yang baru, juga bisa dibangun. Karena dampaknya bagus seperti bangun perekonomian baru. Seperti Muria. Cari spot baru mana-mana tempat asyik buat selfie, malam mingguan, atau hari libur, kita tata," ujarnya.

Andi dari Forum Komunitas Kudus mengatakan, setiap kemajuan kota hendaknya juga memerhatikan soal dampaknya. Dia mengkritisi soal wisata Muria yang kini semakin maju.

"Seperti banyaknya tingkat kunjungan. Banyak gedung baru dibangun. Apa tidak memerhatikan jika dampaknya banyak. Seperti penghijauan kurang," kata Andi.

Menurutnya, dampak dari itu semua, wargalah yang akan kena imbasnya. Maka mulai sekarang, pemerintah hendaknya memikirkan dengan bertindak bijak.

"Kalau soal wisata di Muria. Kita bisa menempatkan hotel atau tempat inap wisatawan di tempat lain. Misal di perkotaan Kudus. Toh, jarak kota dengan Muria tak terlalu jauh. Kita bangun juga aksesnya yaitu jalan," terang Yasin.

Dalam kesempatan itu, Yasin juga tampil bernyanyi sebuah lagu Kemesraan milik Iwan Fals. Dengan iringan organ tunggal, Yasin menghibur para anggota komunitas. (bgs/bgs)