Korban Miras Oplosan Cilacap Jadi 5 Orang, Pemilik Agen Jadi DPO

Arbi Anugrah - detikNews
Senin, 30 Apr 2018 16:51 WIB
Foto: Ilustrator: Edi Wahyono
Foto: Ilustrator: Edi Wahyono
Cilacap -

Korban meninggal dunia akibat miras oplosan di Kecamatan Majenang, Cilacap bertambah menjadi 5 orang. Polisi setempat saat ini sudah menangkap menangkap 5 orang agen dan penjual miras. Sedangkan pemilik agen besar dinyatakan buron.

"Kemarin korban (meninggal) ada tambahan dua, itu juga kelompok yang awal. Jadi ya kelompok yang meninggal 3 orang. Dua orang ini yang sempat dirawat tapi minta pulang," kata Kapolres Cilacap, AKBP Djoko Julianto, kepada wartawan di Mapolres Cilacap, Senin (30/4/2018).

Menurut dia, dari hasil investigasi ternyata terdapat sekitar 8 sampai 10 orang yang mengkonsumsi miras tersebut. Dua orang belakangan adalah Teguh Haryanto (45) warga Desa Cibeunying, Majenang dan Harin Mulyanto (42) warga Wanareja, Majenang.


Sebelumnya korban meninggal akibat miras oplosan di Majenang adalah Ahmad Haryanto (29), Solihin Al Ibeng (48) dan Sugiyanto (33). Para korban meninggal rata-rata mencampur minuman mereka dengan teh soft drink dan obat batuk sehingga mengalami over dosis.

Polres Cilacap saat ini juga sudah menangkap 5 orang agen dan penjual miras yang selama ini mengedarkan miras di kawasan tersebut. "4 penjual dan satu agennya," kata Djoko Julianto.


Menurut dia, saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan Polda Jawa Tengah untuk melakukan penangkapan terhadap satu agen besar penjualan miras. Agen besar bernama Ari Wibowo tersebut masuk sudah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Dia menjelaskan semua pelaku penjualan miras yang diamankan rata-rata berasal dari wilayah Majenang. Para penjual dan agen miras tersebut mengakui miras yang didapatkan berasal dari wilayah Kota Banjar Patroman, Jawa Barat.

Dari hasil penangkapan tersebut, pihaknya menyita sekitar 5.000 botol termasuk campur miras miras oplosan, ciu, tuak dan arak. Miras tersebut didapat dari gabungan miras yang ada di kecamatan Majenang dan sekitarnya. (mbr/mbr)