6 Kapal Hilang Terseret Arus di Pemalang Belum Ketemu

Robby Bernardi - detikNews
Jumat, 27 Apr 2018 15:26 WIB
Foto: Robby Bernardi/detikcom
Pemalang - Petugas Tim Terpadu Kemaritiman, masih mencari 6 kapal yang hilang akibat tersapu arus sungai Waluh/Elon di Muara Asem Doyong, Kabupaten Pemalang. Sedangkan 2 nelayan yang dikabarkan ikut terseret bersama kapalnya, berhasil mendarat setelah terbawa arus ke laut.

"Untuk dua nelayan yang dikabarkan hilang, sudah kembali dalam keadaan selamat," kata Wismo Kepala BPBD Pemalang, saat dihubungi detikcom, Jumat (27/04) Siang.

Menurut dia kedua nelayan ikut terbawa arus ke luat bersama kapalnya saat ini sudah kembali. Kapal tidak rusak dan keduanya bisa merapat lagi ke dermaga.

Untuk jumlah pasti kapal nelayan yang hanyut terbawa arus, Wismo menjelaskan dari update terakhir terdapat 60 kapal. 52 kapal milik nelayan Desa Asemdoyong, Kecamatan Taman dan 8 kapal motor milik Nelayan Penjarakan Desa Danasari, Kecamatan Pemalang. Dari 60 kapal tersebut, sebanyak 48 sudah ditarik, 6 hilang dan 6 tenggelam.


"Kita lakukan koordinasi dengan Kasatpolair Polres Pemalang, jumlah kapal yang tersapu kemarin ada 60 kapal. Hingga siang ini masih dilakukan upaya pencarian kapal, baik dilakukan oleh petugas maupun warga nelayan," katanya.

Ia menambahkan akibat bencana tersebut, kerugian material ditaksir mencapai Rp 2,140 miliar. (bgs/bgs)