DetikNews
Rabu 25 April 2018, 21:20 WIB

Kawasan Pantura Brebes Siaga Banjir Kiriman dari Bumiayu

Imam Suripto - detikNews
Kawasan Pantura Brebes Siaga Banjir Kiriman dari Bumiayu Kondisi tanggul di Desa Tengki yang sudah ambrol. (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Brebes - Pascabanjir bandang di kawasan Bumiayu, Rabu (25/4/2018) sore, warga di Pantura Brebes diminta waspadai datangnya banjir kiriman. Diperkirakan, air dari Bumiayu ini akan sampai ke wilayah utara sekitar pukul 22.00 atau 23.00 WIB.

Kepala BPBD Kabupaten Brebes, Eko Andalas, menjelaskan banjir bandang dari Bumiayu ini akan masuk ke Sungai Pemali yang mengalir ke utara. Perjalanan air dari kawasan selatan Brebes ini memakan waktu sekitar 5 jam.

"Banjir terjadi pada Rabu sore dan akan bertemu di Sungai Pemali. Air akan sampai kawasan kota sekitar pukul 22.00 atau lebih," terang Eko Andalas, Rabu malam.


Terkait ancaman banjir ini, Pihak BPBD sudah memberikan peringatan dini kepada camat dan kades yang wilayahnya berada di daerah aliran Sungai Pemali.

"Khusus untuk Camat Brebes agar mewaspadai tanggul Desa Tengki yang ambrol akibat terkikis air dan sangat rawan jebol bila terjadi banjir," tambah Eki Andalas.


Sejumlah relawan dan petugas BPBD, kata Eko saat ini sudah diterjunkan ke lokasi lokasi yang dilalui banjir tersebut.

Sementara Dandim 0713 Brebes, Letkol Ahmad Hadi Hariono, mengatakan warga yang tinggal di dekat sungai Pemali untuk waspada. Mereka diminta mengungsi ke tempat yang lebih aman untuk mengantisipasi jatuhnya korban bila terjadi banjir.

"Mohon diwaspadai saudara kita yang ada di utara khususnya yg tinggal di dekat sungai agar mengungsi ke tempat yang lebih aman. Lebih baik mengantisipasi sebelum jatuh korban," tutur Dandim.


Untuk wilayah pantura, imbuh Dandim, air akan mencapai Brebes kota malam hari sekitar pukul 22.00 WIB. Warga yang tinggal di tempat rawan, dimohon pindah sementara dan membawa barang barang berharga.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed