DetikNews
Rabu 25 April 2018, 18:05 WIB

Viral Siswi Berhijab Dilarang Tampil di Hari Tari, Ini Faktanya

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Viral Siswi Berhijab Dilarang Tampil di Hari Tari, Ini Faktanya surat edaran Hari Tari di Solo (Foto: medsos)
Solo - Pengerahan siswi SMA di Solo untuk mengikuti peringatan hari tari dunia menjadi buah bibir di media sosial. Penyebabnya ialah adanya surat kontroversial yang beredar.

Surat bertanggal 12 April 2018 itu ditujukan kepada Kepala SMA se-Surakarta. Isinya ialah permintaan agar masing-masing sekolah mengirimkan siswi untuk menjadi peserta tari gambyong yang dibawakan secara kolosal pada 29 April 2018 nanti.

Dalam surat berkop Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA/MA Kota Surakarta itu, diberikan petunjuk bahwa sekolah diminta mengirimkan siswi yang tidak berhijab. Sejumlah warganet menuding hal tersebut sebagai diskriminasi SARA.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris MKKS SMA Surakarta, Agung Wijayanto, memastikan surat tersebut sudah diralat seketika itu. Dia mempertanyakan mengapa surat itu dapat beredar di kalangan masyarakat.

"Itu sudah diralat dengan nomor yang sama. Surat kan sebenarnya hanya dikirim kepada kepala sekolah, tapi kok bisa sampai ke masyarakat," katanya dihubungi detikcom melalui telepon, Rabu (25/4/2018).

Viral Siswi Berjilbab Tak Boleh Ikut Tari Kolosal di Solo, Ini FaktanyaRalat surat dengan kop dan nomor yang sama (Foto: medsos)
Awalnya aturan tersebut dibuat berdasarkan hasil koordinasi antara Balai Pengendali Pendidikan Menengah dan Khusus (BP2MK) wilayah Surakarta dengan Dinas Pariwisata Surakarta.

"Petunjuknya, siswi menggunakan perhiasan seperti cunduk, gelang kalung dan tidak pakai manset, tetapi basahan. Makanya diminta agar siswi yang tidak berhijab," ujarnya.

Hal tersebut menurutnya sudah dituntaskan. Bahkan saat ini siswi berhijab pun sudah ikut berlatih untuk pentas seni tersebut.

"Sekarang bisa dicek, latihan terakhir itu ada yang berhijab dan tidak berhijab," pungkasnya.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed