DetikNews
Rabu 25 April 2018, 16:36 WIB

Terekam CCTV! Aksi Pria Gondol Uang Infaq di Masjid Salatiga

Eko Susanto - detikNews
Terekam CCTV! Aksi Pria Gondol Uang Infaq di Masjid Salatiga Foto: Tangkapan video dari akun Noersetiani Martana
Salatiga - Uang di dalam kotak infaq Masjid Jam'i Al-Fattah, Salatiga digondol maling. Aksi pencurian itu terekam kamera CCTV.

Pencurian di masjid yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman No 400, Ngaglik RW XII, Ledok, Argomulyo, Kota Salatiga ini terjadi pada Selasa (24/4/2018). Kemudian, pada pada malam harinya, Noersetiani Martana kali pertama mengunggah dalam status grup facebook Kabar Salatiga beserta videonya.

Ia menuliskan, "Kejadian pencurian kotak amal masjid Al Fattah Ngaglik Ledok Argomulyo Salatiga yg terekam kamera cctv siang tadi. Mohon bantuannya bagi yg mengenali org tersebut utk melaporkan ke pihak yg berwajib. Kejadian pencurian kotak amal sdh sangat sering terjadi."

Setelah diunggah, hingga Rabu (25/4/2018) siang, postingan ini sudah ada 74 kali yang dibagikan dan ada 769 akun memberikan komentar. Dalam rekaman CCTV berdurasi 1 menit 5 detik ini, terlihat pelaku memakai baju warna hitam dan celana hitam serta membawa tas ransel.

Pelaku terlihat sebelumnya berdiri, kemudian menengok keluar dari balik jendela. Dia lalu mengambil alat dari tas untuk mencongkel gembok. Setelah berhasil mencongkel gembok, pelaku berdiri memasukan alat untuk mencongkel gembok dalam tas.

Kotak infaq yang dibobol maling.Kotak infaq yang dibobol maling. Foto: Eko Susanto/detikcom

Dia pun kembali melihat situasi luar dari balik jendela dan setelah situasi sepi, pelaku membuka kotak amal serta mengambil uangnya. Pelaku setelah berhasil mengambil uang kotak amal, baru kabur dari masjid berada persis di pinggir Jalan Raya Salatiga-Solo, itu.

"Sesuai rekaman CCTV, sebelum melakukan aksi pencurian, pelaku ini sempat leyeh-leyeh di dekat jendela. Kemudian bangun memperhatikan situasi di luar dari jendela, terus mengambil kunci Inggris di tas untuk mencongkel gembok," kata Muhammad Fatchan (64), jamaah masjid setempat saat ditemui, Rabu (25/4/2018).

Uang yang hilang, katanya, diketahui usat Salat Asar oleh salah satu jamaah. Ketika itu, jamaah menemukan gembok yang terletak di karpet, kemudian terus kotak amal dibuka uang telah hilang.

"Kejadian setelah Salat Duhur, sebelum Asar. Kebetulan Duhur dan Asar, kami yang jadi imam. Kalau besar uang kotak amal paling sekitar Rp50 ribu sampai di bawah Rp100 ribu, yang ada tinggal uang recehan," katanya.

Sebelum dipasang CCTV, katanya, sering terjadi pencurian uang kotak amal bahkan kotak amal pernah ditemukan di kebun yang berdekatan dengan masjid.

"Kalau setelah dipasang CCTV, ini sudah kejadian kedua kali," ujar dia.

Pjs Kasubag Humas Polres Salatiga Kompol Ismail mengatakan, kejadian pencurian uang kotak amal tersebut sudah ditangani Polsek Argomulyo.

"Sudah ditangani Polsek," kata Ismail dalam pesan singkatnya.
(sip/sip)
Baca Juga
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed