BPBD Bantul Bantu Seng dan Asbes untuk Korban Puting Beliung

Usman Hadi - detikNews
Rabu, 25 Apr 2018 14:29 WIB
Foto: Usman Hadi/detikcom
Bantul - BPBD Bantul membantu melakukan rekonstruksi bangunan rumah warga yang rusak akibat diterjang angin puting beliung, Selasa (25/4/2018) kemarin. Pihaknya akan segera mengirimkan bantuan berupa asbes dan seng kepada warga terdampak.

"Nanti akan kita salurkan asbes dan seng. Untuk genteng sepertinya menyusul. Kalau genteng kan tidak bisa langsung disalurkan, perlu ukuran," kata Kepala Pelaksana BPBD Bantul, Dwi Daryanto saat meninjau Dusun Sorowajan, Banguntapan, Bantul, Rabu (25/4/2018).

Namun sebelum bantuan disalurkan, lanjut Dwi, pihaknya akan mendata ulang jumlah rumah yang rusak. Setelah pendataan usai, akan segera menyalurkan bantuan tersebut.

"Saat ini kita akan mendata secara detail terkait kebutuhan masyarakat, karena musimnya masih ada hujan. Kebutuhan atap rumah yang akan segera direhab paling lambat besok pagi, paling cepat nanti sore," ungkapnya.

Menurutnya, berdasarkan data yang masuk ke BPBD Bantul hanya ada 108 rumah rusak akibat atapnya beterbangan terkena puting beliung. Namun, jumlah tersebut masih bisa bertambah, mengingat petugas BPBD masih berada di lapangan.

Selanjutnya, Dwi mengimbau agar masyarakat tetap mewaspadai potensi hujan deras disertai angin kencang. Apalagi saat ini sedang memasuki masa pancaroba, sehingga potensi bencana masih mungkin terjadi di semua wilayah.

"Masyarakat jelas harus waspada, terlebih ini masih pancaroba. Terutama bagi warga yang berada di pemukiman padat, itu menjadi perhatian kita," tutupnya. (bgs/bgs)