DetikNews
Rabu 25 April 2018, 08:23 WIB

Mengenal Awan CB Pemicu Puting Beliung yang Hantam Yogya Kemarin

Ristu Hanafi - detikNews
Mengenal Awan CB Pemicu Puting Beliung yang Hantam Yogya Kemarin Kerusakan akibat puting beliung di Daerah Istimewa Yogyakarta, kemarin. Foto: Edzan Raharjo/detikcom
Yogyakarta - Angin puting beliung melanda sebagian wilayah Kota Yogya dan Kabupaten Bantul kemarin siang. BMKG menyebut pemicu angin puting beliung adalah awan cumulonimbus (CB). Apa itu awan CB?

"Munculnya angin kencang dan puting beliung berasal dari awan cumulonimbus atau CB. Di dalam awan ini terdapat pergerakan angin yang cukup kuat atau golakan angin," kata Kepala Kelompok Data dan Informasi Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta, Djoko Budiyono, kepada detikcom, Rabu (25/4/2018).

Djoko melanjutkan, pergerakan angin yang kuat dari dalam awan CB bisa keluar hingga permukaan bumi yang disebut 'downburst'.

"Ini yang menyebabkan angin kencang dan puting beliung," jelasnya.


Sehingga, kata Djoko, ciri-ciri terjadinya angin puting beliung harus ada pembentukan awan-awan konvektif/cumulonimbus karena sumbernya dari awan tersebut.

Ciri-ciri lainnya, papar Djoko, umumnya pagi hingga siang suhu terasa panas dan gerah karena proses pemanasan yang kuat sehingga terjadi penguapan tinggi.


"Akibatnya akan terbentuk awan-awan yang berbentuk seperti bunga kol. Menjelang sore hari awan ini sudah semakin membesar dan menjulang tinggi," ujarnya.

Ketika sudah terlihat gumpalan awan yang besar, tinggi dan gelap, imbuhnya, maka awan CB sudah dalam kategori 'dewasa'. Maka potensi terjadinya hujan yang disertai petir, angin kencang dan puting beliung akan berpeluang muncul terutama di sore hari.

Djoko mengimbau kepada masyarakat perlu mewaspadai jika melihat di atas wilayahnya terbentuk awan-awan dengan ciri-ciri tersebut.

"Kejadian puting beliung secara normal kecepatan anginnya bisa mencapai 63 km/jam," ungkapnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed