DetikNews
Selasa 24 April 2018, 20:49 WIB

Berapa Kecepatan Angin Saat Puting Beliung Melanda Yogya?

Ristu Hanafi - detikNews
Berapa Kecepatan Angin Saat Puting Beliung Melanda Yogya? Foto: Dok. Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta/detikcom
Sleman - Angin puting beliung melanda sebagian wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pukul 14.05 -14.27 WIB. Tercatat 47 rumah dan bangunan rusak, serta pohon tumbang di sejumlah titik. Berapa kecepatan angin saat puting beliung terjadi tadi?

"Untuk kecepatan angin, Stasiun Klimatologi belum ada rekaman khusus saat peristiwa tadi. Tapi puting beliung kecepatan anginnya bisa mencapai 63 km/jam," kata Kepala Kelompok Data dan Informasi Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta, Djoko Budiyono, saat dihubungi detikcom, Selasa (24/4/2018).

Dari analisia BMKG, angin puting beliung yang melanda di perbatasan Kota Yogya dan Kabupaten Bantul itu merupakan dampak dari cuaca ekstrem saat masa pancaroba atau peralihan dari musim hujan ke musim kemarau.


Saat masa pancaroba, pada umumnya potensi cuaca ekstrem terjadi sore hari. Di masa pancaroba ini, berpotensi muncul awan cumulonimbus (CB) yang bisa memicu terjadinya angin kencang dan petir.

"Siang hari terjadi proses pembentukan awannya kemudian di sore hari setelah awannya terbentuk cukup besar, maka potensi hujan disertai petir dan angin kencang bisa muncul dari awan tersebut," jelas Djoko.

Untuk peristiwa angin puting beliung siang tadi, lanjut, terjadi hujan namun hanya kategori ringan-sedang.

"Hujannya hanya kategori ringan-sedang kisaran 5-15 mm/jam. Tapi yang menonjol tadi kecepatan anginnya. Dan kejadian puting beliung secara normal kecepatan anginnya mencapai 63 km/jam," imbuh Djoko.


(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed