DetikNews
Selasa 24 April 2018, 20:02 WIB

Citra Radar BMKG Saat Puting Beliung Landa Yogya

Ristu Hanafi - detikNews
Citra Radar BMKG Saat Puting Beliung Landa Yogya Foto: Dok. Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta/detikcom
sleman - Angin puting beliung melanda sebagian wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pukul 14.05 WIB tadi. Puluhan rumah serta bangunan seperti kampus dan kafe rusak serta pohon tumbang di sejumlah titik. Radar Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta merekam kondisi langit ketika angin puting beliung terjadi.

"Sekitar jam 14.00 WIB waktu kejadian, di citra radar cuaca wilayah DIY, ada warna merah orange, menunjukkan awan jenis cumulonimbus atau awan CB," kata Kepala Kelompok Data dan Informasi Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta, Djoko Budiyono, saat dihubungi detikcom, Selasa (24/4/2018).

Dalam citra radar tersebut, awan CB berada di langit atas perbatasan Kota Yogya dan Kabupaten Bantul. Awan CB terekam sempat bergerak dari arah barat ke timur.


Di wilayah DIY, jelas Djoko, sebagian besar masih masuk masa pancaroba, yaitu masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau. Pada masa ini jenis awan-awan yang terbentuk adalah awan-awan konvektif seperti cumulonimbus yang sifatnya seringkali lokal.

"Awan ini berpotensi menyebakan hujan intensitas lebat dan dalam durasi singkat, angin kencang/puting beliung dan petir," jelasnya.

"Hasil pengamatan radar cuaca memang di siang tadi potensi munculnya cuaca ektrem di beberapa tempat sudah diprediksi akan muncul. BMKG Stasiun Klimatologi sudah membuat warning/peringatan dini," imbuhnya.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed