Diterjang Angin Puting Beliung, 36 Rumah di Bantul Rusak

Edzan Raharjo - detikNews
Selasa, 24 Apr 2018 18:26 WIB
Foto: Edzan Raharjo/detikcom
Yogyakarta - Akibat diterjang angin puting beliung, sekitar 36 rumah di Banguntapan, Bantul, DIY mengalami kerusakan. Warga, petugas BPBD, relawan bergotong royong membersihkan dan memperbaiki rumah yang rusak.

Posko SKB Sorowajan didirikan sementara di wilayah Sorowajan, Banguntapan, Bantul untuk memudahkan koordinasi dan penanganan. Selain rumah yang rusak, pohon juga banyak yang tumbang.

"Ada 36 rumah rusak di Sorowajan dan Karangjambe Bantul," kata Kasi Kedaruratan BPBD Bantul, Suharno di posko SKB Sorowajan Bantul, Selasa (24/4/2018).


Rumah mengalami kerusakan karena genteng yang terhempas angin sehingga beterbangan. Selain genting, banyak rumah warga yang beratap seng, asbes juga rusak diterjang angin.

Salah satu warga Sorowajan Bantul, Sunarti (42) yang rumahnya tertimpa pohon menceritakan, saat perisitiwa terjadi ia di dalam rumah. Tiba-tiba ada suara cukup keras dari atas rumahnya. Ia mengaku takut dan gemetar saat itu.

"Saya teriak Allahu Akbar, Lailahaillallah, saya lihat seng beterbangan. Suaranya itu gludak-gludak, keras sekali," kata Sunarti. (bgs/bgs)