Sedang Berahi, Rusa di Taman Balekambang Solo Serang Pengunjung

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Selasa, 24 Apr 2018 16:29 WIB
Rusa di Taman Balekambang Solo, (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo - Pengelola Taman Balekambang Solo meminta pengunjung untuk waspada dengan rusa-rusa yang berkeliaran. Sebab, hewan yang sengaja dibebaskan di Taman Balekambang itu sedang memasuki musim kawin.

Kepala UPT Kawasan Wisata Dinas Pariwisata Surakarta, Sumeh, mengatakan rusa yang birahi akan bergerak lebih aktif. Bahkan rusa bisa menyerang dan melukai pengunjung.

"Kemarin ada rusa yang melukai dua orang. Itu kan hari Minggu, suasananya ramai pengunjung," kata Sumeh saat dihubungi detikcom melalui telepon, Selasa (24/4/2018).

Menurutnya, rusa yang sedang berahi biasa menggesekkan tanduknya ke pohon untuk menarik perhatian lawan jenisnya. Tanduk yang menjadi tajam itu dapat dengan mudah melukai orang.

"Saat ini mereka mudah mengamuk. Apalagi kalau diganggu orang, mereka bisa menyerang," ujarnya.

Sumeh mengatakan beberapa rusa yang dianggap berbahaya dimasukkan ke dalam kandang. Dia memastikan akan terus mengawasi rusa tersebut agar tidak stres.

"Akhirnya kami kandangkan rusa itu. Hanya dua yang dirasa berbahaya," kata Sumeh.

Untuk menghindari adanya korban lain, pengelola memasang pengumuman di beberapa lokasi agar pengunjung waspada. Selain itu, pihaknya juga menyiagakan petugas untuk berpatroli. (mbr/mbr)